Banyak yang Tidak Tahu Kalau Danau Toba Punya 8 Pulau

JAKARTA, BatakIndonesia.com — Apakah Anda pernah berkunjung ke Danau Toba? Kalau pernah, apakah Anda tahu kalau Danau Toba memiliki 8 pulau? Biasanya kita cuma tahu 1 pulau, yaitu Pulau (Pulo) Samosir, tetapi sebenarnya masih ada 7 lagi yang perlu Anda ketahui. Mari kita lihat pulau-pulau tersebut.

Pulau-pulau di Danau Toba tersebar di Kabupaten Samosir, Humbang Hasundutan (Humbahas), Tapanuli Utara, dan Toba Samosir (Tobasa). Inilah pulau-pulau tersebut:

1. Pulau Samosir, terbesar pertama

Pulau Samosir dengan luas 630 km2 adalah daratan terluas yang menutupi sebagian wilayah danau tektovulkanik Toba ini. Bandingkan dengan Singapura dengan luas 721.5 km2, Pulau Samosir hanya memiliki selisih luas sekitar 91 km2. Orang Batak boleh bangga punya pulau hampir seluas Singapura.

 

Pulau Samosir terlihat di peta.
Samosir dilihat dari Tobasa

2. Pulau Sibandang, terbesar kedua

Pulau Sibandang memiliki luas sekitar 850 hektar dan terdiri dari beberapa desa seperti Parsampuran dan Papande. Sibandang terletak di Muara, Tapanuli Utara dan merupakan salah satu pulau yang berpenghuni seperti Pulau Samosir.
Desa-desa di Pulau Sibandang sudah ditetapkan sebagai Desa Wisata oeh pemerintah setempat. Pulau yang dihuni sekitar 900 jiwa ini (2018) sangat menarik untuk dikunjungi dan menginap di beberapa homestay yang tersedia.

Pulau Sibandang

3. Pulau Tao atau Malau

Pulau Tao atau lebih dikenal masyarakat di sana Pulau Malau terletak di Kecamatan Simanindo. Pulau ini tidak terlalu luas dan banyak ditumbuhi pohon kelapa dan mangga. Banyak juga dihuni burung bangau.

Pulau Tao atau Malau

4. Pulau Simamora di Kabupaten Humbahas

Pulau Simamora terlihat seperti gundukan tanah dan bebatuan, tetapi terlihat mempesona dari kejauhan. Pulau tersebut berada di Tipang, Baktiraja. Dari Dolok Sanggul, Kabupaten Humbahas, jaraknya tidak terlalu jauh.

Pulau Simamora

5. Pulau Tulas di Kabupaten Samosir

Pulau Tulas berada di Desa Siboro, Kabupaten Samosir. Pulau ini sangat cantik terlihat dari Desa Siboro dan Bukit Burung. Pulau yang cantik ini masuk ke wilayah Kecamatan Sianjur Mulamula, Kabupaten Samosir. Muda-mudi milenial banyak berfoto selfie dengan latar belakang Pulau Tulas karena viewnya yang instagenic.

Pulau Tulas

6. Pulau Tolping di Simanindo

Pulau Tolping terletak di Desa Tolping, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. Kita dapat melihat jelas pulau ini dari Pantai Nasional Martoba dan Pantai Indah Lumban Parmonangan.

Pulau Tolping

7. Pulau Sirukkongon

Pulau Sirukkungon terletak di Ajibata, Kabupaten Tobasa. Pulau ini terlalu kecil dan kurang memberi daya tarik. Suatu saat mungkin ada yang membuat pulau ini menjadi menarik. Kita tunggu.

8. Pulau Sitakke-takke

Pulau Sitakke-takke berada di wilayah Kabupaten Humbahas. Sama seperi Pulau Sirukkongon, pulau ini pun sangat kecil dan jarang dilirik orang.

 

Sekarang Anda sudah mengetahui kedelapan pulau yang ada di Danau Toba tersebut. Mungkin Anda berencana mengunjungi salah satu beberapa pulau tersebut. Mari kita lestarikan Danau Toba sebagai tempat wisata yang asri dan alami.

Danau Toba adalah kawasan perairan darat terbesar di Indonesia dengan panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang berada di Sumatera Utara.

Dari berbagai sumber yang diedit oleh Boy Tonggor Siahaan

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *