Catatan Pinggir dari Musda DPD FBBI Sumsel

PALEMBANG, BatakIndonesia.com — Musyawarah Daerah FBBI Propinsi Sumatra Selatan di Palembang, Sabtu (20/7/2019), sejak pukul 09.00 sampai 17.00 WIB telah berlangsung dengan menghasilkan beberapa keputusan dan rekomendasi.

Beberapa laporan sudah disampaikan oleh media online, termasuk Batak Indonesia, edisi hari ini. Untuk lebih melengkapi informasi yang lebih detail, saya menyajikan dua catatan pinggir yang sifatnya reportasi, buka artilkel, karena dengan tekun saya ikuti sebagai Ketua Umum Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI).

Musyarawarah Daerah ini, dihadiri oleh pengurus DPD FBBI, dengan melibatkan Punguan-Punguan Marga yang ada dan berkenan hadir di Palembang. Laporan Ketua, Jimmy Lumban Gaol, walau yang hadir sedikit, tetapi di belakangnya ada ribuan warga orang Batak.

Hadir dalam pembukaan dihadirkan beberapa unsur, yaitu: Pemerintah Propinsi Sumsel, diwakili, Ketua CSR Propinsi Sumsel, Kapolres Muba bersama Summi Simorangkir (penyanyi, walau tidak sempat bernyanyi), Ketua Pembimas Kristen Protestan, Ketua BNN (diwakili), Pemuda Gereja, dan lainnya.

Sebagaian besar yang hadir dipembukaan dan Seminar, dengan Tema: Batak Berkarya, Indonesia Jaya, itu juga hadir dalam Musyawarah pemilihan Pengurus yang baru untuk DPD FBBI Sumatra Selatan Tahun 2019-2022. Untuk status ini, Ketua Umum memberikan pemahaman bahwa hak suara ada pada anggota FBBI. Hadirin sebagai anggota FBBI perlu syarat membayar Gasibu, dan tercatat dalam komunitas FBBI.

Sesi Pertama, Seminar dengan menampilkan tiga pembicara, pertama Kepala Dinas Linmas, kedua Ketua CSR dan Ketiga BNN. Sesi terakhir, setelah Kepala Dinas Linmas mendahului, dihadirkan Ketum FBBI tampil memberikan materi pembanding atas materi Ketua CSR dari sisi Pemberdayaan Masyarakat, karena materinya terkait dengan Visi dan Missi FBBI yang harus mendapat perhatian Pengurus baru nanti.

Peserta bertanya tentang sulitnya Ijin Gereja.
Menyanyikan Indonesia Raya.
Nmor 2 dari kiri: Kepala Dinas Linmas Sumsel.

Berikut pointer pembicaraan yang menarik kita share buat FBBI dan masyarakat di Sumatera Selatan.

Pembicara pertama: Haji Bachtiar Rasjid, Kepala Dinas Bimas Pemprov. Sumsel.

  1. Saya senang hadir di undangan FBBI, bahkan menjadi prioritas agenda hari ini, di antara acara penting bersama Gubernur, karena FBBI sudah menjadi bagian masyarakat Palembang dalam kegiatan Sosialisasi Asian Games lalu.
  2. Pemerintah Provinsi, siap hadirkan Gubernur jika FBBI membuat acara asal dibuat agenda menarik dan beliau hadir memberikan sambutan dan membukanya.
  3. Jika 5 Puak ini perlu bantuan Pemda, saya terbuka dan datang saja ke kantor, akan dilayani oleh kami.
  4. Saya minta FBBI turut serta menampung aspirasi orang Batak, agar mereka mendapat perhatian pemerintah secara adil dan merata. Secara kebetulan, personalia orang Kesbangpol, sehingga perlu FBBI mendaftarkan sesuai dengan Permendagri no 57 Tahun 2017 tentang persyaratan. (catatan FBBI di Provinsi Sumsel sudah terdaftar)..
  5. Jika ada acara FBBI, tinggal undang saja melalui media WA, kami akan hadir. Membuktikan Sumsel provinsi tertoleran di Indonesia.
  6. Atas pertanyaan peserta sulitnya Ijin Membangun Gereja HKBP di Sumsel, diberikan gambaran bahwa masa lalu memang ada ormas yang menunggangi gerakan penolakan membangun ijin. Akhir-akhir ini sudah dipantau, dan diancam jika melakukan lagi maka ijin Ormasnya tidak diperpanjang. Jadi, silahkan dipenuhi syarat-syarat sebagaimana prosedur tetapnya, pemerintah daerah akan membantu setiap permasalahan Gereja di Wilayah Sumatera Selatan.

Catatan Ketum FBBI adalah keterbukaan Pemerintah di Provinsi Sumsel menjadi catatan tersendiri, membuktikan Pemerintah sudah menjadi mitra kerja FBBI di dalam usahanya Orang Batak di Wilayah Provinsi ini. FBBI memajukan ekonomi, sosial, budaya orang Batak berarti sama dengan membantu Presiden RI dalam merealisasi Visi Misinya, mensejahterakan Rakyat Indonesia, seusai potensi masing-masing. Sejalan dengan program Gubernur dan Bupati setempat. (Palembang, 21 Juli 2019, RP).

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *