Dilantik Sebagai Ketua DPD FBBI Sumut, Toman Purba Programkan Kegiatan Bela Kepentingan Masyarakat Batak

Foto: Toman Purba, SE (kanan) Ketua DPD FBBI Sumut, terima tanda estafet kepemimpinan dari Ketua Umum FBBI, Dr. Ronsen Pasaribu, SH., MM (kiri)

MEDAN,BatakIndonesia.Com

Toman Purba, SE telah resmi dilantik sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI) provinsi Sumatera Utara, untuk periode 2020-2023.

Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI), Dr. Ronsen Pasaribu, SH., MM. Pelantikan berlangsung secara sederhana di Rasio Caffee, jalan Sei Bekala No 12, Medan, Sumut (samping lapangan Gajah Mada), hari Rabu, 12 Februari 2020 lalu.

Toman Purba dalam penjelasannya mengatakan, DPD FBBI Sumut akan melakukan program-program yang telah digariskan Pengurus Pusat sesuai Visi-Misi organisasi, yang berorientasi membantu meningkatkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) bona Pasogit.

Foto: Toman Purba, SE beri sambutan usai prosesi pelantikan
Foto: Toman Purba, SE beri sambutan usai prosesi pelantikan

Toman Purba mengatakan, DPD FBBI sumut juga siap mendukung program Pemerintah Daerah yang berkaitan dengan peningkatan SDM dan potensi masyarakat, di wilayah pemerintahan Sumut.

“Kita siap mendukung segala program pemerintahan daerah kabupaten/kota di Sumatra Utara, dalam hal pendidikan, pertanian, perikanan dan lain-lain. Juga membantu menunjang pendapatan masyarakat dibawah minimum,” ujarnya saat dimintai pandangannya terhadap program organisasi, Jum’at (21/02/2020) di Medan.

Selain itu, akan ikut serta dalam menyikapi kawasan danau Toba yang kian hari semakin memprihatinkan, dan butuh perhatian berbagai pihak.

“Kita juga akan ikut serta menyikapi masalah-masalah kawasan Danau Toba yang kian hari semakin memprihatinkan, dan butuh perhatian berbagai pihak. Karena itu jelas merupakan kepentingan Bona Pasogit juga,” tandasnya.

Hal lain yang dinilai perlu adalah, pentingnya menjalin hubungan baik dengan seluruh ormas yang bernauansa budaya Batak dalam hal yang positif.

BACA:  Partuha Maujana Simalungun Menyatukan Batak Diaspora di Sumsel

“Termasuk akan ikut serta dalam memberantas maraknya peredaran narkoba yang melanda kawula muda sebagai generasi penerus bangsa. Kita tentu akan bekerja sama dengan aparatur pemerintahan, kepolisian maupun BNN,” pungkasnya.

Namun dibalik pelantikan itu, anggota FBBI yang paling berbahagia adalah Vera Debataraja bersama dua anggota lainnya, yang telah berhasil mewujudkan pelaksanaan tersebut. Karena hampir setahun mereka yang ditunjuk DPP FBBI sebagai caretaker, mencari figur yang cocok untuk memimpin DPD FBBI Sumut, dan ternyata memang agak mengalami kesulitan.

Foto: Para Pengurus DPD FBBI Sumut dan Ketua Umum DPP FBBI usai pelantikan

“Puji Tuhan. Perasaan saya sudah lega, karena pelantikan sudah terlaksana dengan baik. Dan pimpinan yang terpilih juga sudah sesuai dengan yang diharapkan. Terimakasih untuk semua rekan yang terlibat dalam pelaksanaan ini,” ungkap Vera usai pelantikan.

Sementara itu diketahui, pemerintah provinsi Sumatera Utara belakangan ini banyak menimbulkan kebijakan maupun statement yang bernuansa kontroversial bagi komunitas Batak di Sumatera Utara. Sebab itu, kehadiran organisasi-organisasi sosial maupun ormas sebagai bagian dari ‘social control’ harus tampil untuk membela hak-hak masyarakat.

Ada beberapa organisasi yang sering muncul dipermukaan seperti: Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI, Horas Bangso Batak (HBB); Gerakan Batak Bersatu (GBB), dan lain-lain, yang memperjuangkan kepentingan masyarakat Batak, dari berbagai aspek kehidupan.

Belakangan, DPD FBBI Sumut juga mendukung perjuangan kelompok masyarakat #Save Babi, karena disadari aspek perekonomian masyarakat Batak, khususnya para peternak dan pedagang daging babi merasa terancam dengan kebijakan yang dilakukan pemerintah Sumatera Utara. Ribuan masyarakat turun ke jalan, melakukan aksi damai di kota Medan, untuk memperjuangkan nasib ternak babi dan perdagangan daging babi di wilayah Sumatera Utara. DANS

BACA:  TOEMA...

Facebook Comments

Default Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *