FBBI Kirim Buku ke Humbahas dengan Jasa Pengiriman Gratis dari Pos Indonesia

Kirim Buku

JAKARTA, BatakIndonesia.com — Forum Bangso Batak Indonersia (FBBI) kirim buku ke Humbahas dengan jasa pengiriman gratis dari PT Pos Indonesia.  Sekretariat FBBI memanfaatkan jasa pengiriman gratis tersebut ke Kantor Pos Indonesia pada Senin (18/9/2017).

Menurut pihak Kantor Pos Indonesia, ada beberapa ketentuan dalam jasa pengiriman gratis ini, yaitu:

Pertama, pengirimnya adalah donatur, baik badan maupun perorangan. Kedua, penerimanya harus Balai Pustaka atau Pegiat Literasi yang tercatat di Kantor Pos Indonesia.

FBBI ingin mengirimkan paket buku ke Balai Pustaka SDN 173417 Hutapaung (tertulis Hutapadang- akan diralat) di Humbahas, tetapi di sana belum ada Balai Pustaka atau Pegiat Literasi yang tercatat di Kantor Pos. FBBI meminta kebijakan supaya tetap diteruskan ke tujuan semula. Permintaan tersebut disetujui dengan syarat pengirimnya menjadi 11 orang, anggota FBBI secara pribadi. “Ini tidak masalah, hanya formalitas. Kami berterimakasih kepada pihak Kantor Pos,” tutur Ronsen Pasaribu (Ketua Umum FBBI).

Akhirnya, FBBI dapat mengirimkan 11 kotak dengan berat masing masing 10 Kg, dengan biaya subsidi Negara tiap kotak sebesar Rp420.000 *empatg ratus dua puluh).  Jadi total sumbangan Negara kepada FBBI sebesar Rp4.620.000 (empat juta enam ratus dua puluh ribu).

Para pengirim atas nama FBBI antara lain: Antony Pardosi, Mutiara Marbun, Dely Sinaga, Aida Tampubolon, Julois Pasaribu, Pulo Siregar, Aan Rumahorbo, Djalan Sihombing, Ronsen Pasaribu, Liberty Simbolon, dan Roswati Siregar.

“Puji Tuhan dan semoga dimanfaatkan oleh masyarakat di bona pasogit. Mari membaca menuju Masyarakat/Bangso Batak yang mandiri dan sejahtera,” ungkap syukur Ronsen Pasaribu.

Jasa Pengiriman Gratis Buku adalah himbauan Presiden Joko Widodo. Hal ini sudah dicanangkan Pemerintah melalui Kantor Pos Indonesia agar setiap bulan pada tanggal 17 digratiskan pengiriman buku. Presiden menetapkan hal tersebut pada Peringatan Perpustakaan Nasional untuk meningkat minat baca (literasi) masyarakat. Program tersebut sudah dijalankan sejak tanggal 17 Juni.

Jika tanggal 17 jatuh pada hari libur, maka pengiriman dapat dilakukan pada tanggal bukan hari libur. Pada September 2017, tanggal 17 jatuh pada hari libur, sehingga pengiriman gratis berlaku pada tanggal 18.

Penulis: Aida Tampubolon dan Dely Sinaga
Editor: Boy Tonggor Siahaan

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *