FBBI Mendukung Program Presiden Jokowi Menyiapkan Taman Bacaan di Bonapasogit

JAKARTA, BatakIndonesia.com — Presiden Jokowi dalam program pendidikan di bidang budaya membaca di masyarakat Indonesia telah membantu dengan menggratiskan pengiriman melalui Kantor Pos dari manapun pengirimannya sampai tempat tujuan. Fasilitas itu diberikan apabila pengirimannya tepat pada tanggal 17 tiap bulannya. Sesuai aturan, tempat tujuan adalah Taman Bacaan yang sudah terdaftar di Kantor Pos setempat.

Berbeda dengan program FBBI yang baru membangun Taman Bacaan di Desa-desa, tentu belum terdaftar di kantor Pos. Namun tidak jadi penghalang, atas jasa baik dan koordinasi yang baik, maka FBBI diberikan pengecualian dengan fasilitas gratis mengirimkannya. Gratis hanya dari pihak FBBI, namun sesungguhnya, Negara cq. Pemerintah tetap membayarnya kepada Bendahara Negara.

Contoh pada hari Kamis, tanggal 17 November 2017, FBBI telah mengirimkan paket buku Balai Pustaka ke-7 (Tahap ke Tujuh) ke Desa Bulu Cina, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang, Sumatra Utara, dengan resi pengiriman pet 10 Kg  sebesar Rp. 285.000,00 (dua ratus delapan puluh lima ribu rupiah) sebanyak 110 kg atau Rp. 3.135.000,00 (Tiga juga seratus tiga puluh lima ribu rupiah). Dalam waktu 3-4 hari buku itu sudah tiba di tempat.

Jumlah buku yang sudah di bagikan oleh FBBI.

Sejak FBBI mengintrodusir program “membayar hutang ke Bonapasogit ini”, dengan program Balai Pustaka kerjasama dengan Kepala Sekolah Negeri, Kepala Desa setempat, sudah tercatat sebagai berikut :

  1. Balai Pustaka I : Desa Sigolang, Kecamatan Aek Bilah, Tapsel sebanyak 400 Judul Buku;
  2. Balai Pustaka II : Desa Borbor, Kecamatan Borbor, Tobasa, 400 Judul
  3. Balai Pustaka III : Desa Unjur, Kecamatan Ambarita, Kabupaten Samosir, sebanyak 400 Judul buku;
  4. Balai Pustaka IV : Desa Tinada, Kabupaten Pakpak Bharat, 435 Judul Buku.
  5. Balai Pustaka V : Desa Hutapaung, Kecamatan Pollung, Kab. Humbahas, 515 judul buku.
  6. Balai Pustaka VI : Desa Bulu Cina, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, sebesar 400 Judul buku.

 

Jumlah seluruhnya sudah mencapai : 2.500 judul buku.

Adapun rencana Balai Pustaka VII, direncanakan di Komplek Panti Asuhan, di Kecamatan Sipirok, yang sudah kami lakukan orientasi dimana ada sekitar 150 orang murid SD,SMP dan SMA anak anak yang tidak memiliki orangtua dan di kelola oleh sebuah Yayasan.

Oleh karena itu, kami membuka kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh perantau, bergabung dengan kami di FBBI untuk program Manggarar Utang ke Bonapasogit ini. Kriteria Buku adalah judul buku bacaan yang bermanfaat bagi SD,SMP,SMA, Umum dan petani setempat. Dilarang buku yang bertentangan dengan ideologi Negara dan berbau Porno.  Pendidikan, Sejarah, Matematika, Agama, Kamus, Biologi, dan lainnya yang sesuai kurikulum pemerintah, tuntunan pertanian dan sebagainya. Kirimkan ke Sekretariat FBBI Jalan Jenderal A.Yani no 2, By Pass, Utan Kayu, Jakarta Timur. Atas nama Dely Sinaga, Tlf. HP No. 081386655631. Atas keikutsertaannya kami ucapkan terimakasih.

Mari membaca menuju Masyarakat/Bangso Batak yang mandiri dan Sejahtra.

Jakarta, 17 November 2017. (DS)

Penulis : Ronsen LM Pasaribu/Ketum FBBI.

 

Leave a Reply

One thought on “FBBI Mendukung Program Presiden Jokowi Menyiapkan Taman Bacaan di Bonapasogit

  1. Suatu hal BAGUS,……!!!
    Lebih BAGUS lagi, apabila Buku bacaan tsb sesuai dgn Curriculum yg ter BARU pada tiap-2 Pelajaran Sekolah UMUM Pemerintah, ttpi dapat juga melihat Pelajaran Sekolah Swasta yg BAGUS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *