GEPENTA dan Pemkab Tobasa Rencanakan Sinkronisasi Program Bersama

BALIGE, BatakIndonesia.com — Dalam satu pertemuan antara DPK (Dewan Pimpinan Kabupaten) GEPENTA (Gerakan Nasional Peduli Anti Narkoba, Tawuran, dan Anarkisme) Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) dan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Tobasa di Balige pada Rabu (6/11/2019) disepakati untuk merencanakan sinkronisasi program bersama. Hal tersebut disampaikan secara tertulis oleh Adi Susanto Marbun (Ketua DPK GEPENTA TOBASA) kepada BatakIndonesia.com melalui pesan WhatsApp (WA).

Adi memimpin rombongan Kader DPK GEPENTA TOBASA dengan membawa personil antara lain: Marlinang Butarbutar (Bendahara), Petrus Simanungkalit (Ketua GEPENTA Ikatan Motor), Pasatu Lumbantoruan (Ketua Komandan Pasukan Inti  atau KOPASTI), dan Olmessi Sirait (Ketua HUMAS). Kunjungan mereka disambut baik oleh jajaran pemerintah yang mewakili Bupati Tobasa.

Pihak perwakilan Bupati Tobasa ini dipimpin oleh Harapan Napitupulu (Asisten I) dengan didampingi Jhon piter Silalalahi (Plt Kadis Pariwisata), Partogi Tambunan (Kabid Kewaspadaan, Ketahanan Nasional & Ormas di Kesbangpol), Dumaria Sinaga (Kabid Perdangan Disperindag), dan Pintor Napitupulu (Kabid Pemuda Dinas Pendidikan).

Dalam kesempatan pertemuan (audiensi) tersebut, Ketua GEPENTA TOBASA memaparkan dan menjelaskan rencana program GEPENTA TOBASA. Ada tambahan yang disampaikan Marlinang Butarbutar mengenai rencana kegiatan Ekonomi Kreatif melalui UMKM, seperti budidaya jamur tiram yang telah dicoba manfaat kegunaan sebagai “Stick Jamur”.

Bendahara GEPENTA TOBASA ini menjelaskan bahwa ia sudah membuat makanan ringan dari stick jamur yang mana bahan bakunya didapat dari hasil budidaya yang dibuatnya sendiri. Hal ini sangat mampu mendorong serta mengajak masyarakat melalui GEPENTA untuk menambah penghasilan tambahan sebagai peningkatan pendapatan ekonomi melalui kegiatan kreatif rumahan yang tidak begitu banyak menyita waktu.

“Hal ini dapat dilakukan disela-sela waktu senggang, sehingga tidak mengganggu pekerjaan utama,” tutur Bendahara ini. Dia pun sangat antusias semua rencana program GEPENTA TOBASA akan berhasil jika Pemerintah mau bekerjasama dan menjadikan GEPENTA sebagai mitra pemerintah.

Dalam kesempatan yang sama, Pasatu Lumbantoruan juga sependapat dengan apa yang telah dijelaskan oleh Adi Marbun dan Marlinang Butarbutar. Dia juga ingin menambahkan terkait skill yang dimilikinya sebagai pelatih karate ini. Pasatu berharap dengan hadirnya GEPENTA, ada kegiatan positif seperti mengajak masyarakat untuk belajar ketangkasan bela diri. GEPENTA berharap nantinya akan membawa sebuah perubahan besar di mana seluruh lapisan masyarakat di Tobasa akan terbebas dari Bahaya narkoba, sekaligus mencegah tawuran dan anarkis.

Menanggapi paparan dan penjelasan program dari pihak GEPENTA TOBASA, Asisten I, Harapan Napitupulu, secara pribadi sekaligus mewakili Bupati Tobasa, sangat bangga dan mendukung secara moril seluruh rencana program kegiatan GEPENTA. Beliau mengharapkan kepada para kader GEPENTA agar bisa berbuat yang terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat Toba Samosir melalui program-program nyata yang ada wujudnya.

“Kami akan sikronisasikan terlebih dahulu usulan program GEPENTA TOBASA dengan setiap SKPD agar dapat disinkronkan ke bagian anggaran. Pada intinya untuk membesarkan, menjalankan serta mengembangkan program GEPENTA ya, harus dimulai dari internal GEPENTA itu sendiri,” tanggapnya.

Partogi Tambunan mengatakan akan segera mengeluarkan SK keberadaan GEPENTA di Toba Samosir. Hal senada juga ia berucap sesuai dengan apa yang telah disampaikan oleh Asisten I.

Partogi juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat, pada 14 November 2019 ini, pihak Kesbangpol akan menngadakan “Sosialisasi Bahaya Narkoba” yang sasarannya kepada semua lapisan masyarakat segala usia. Ia juga sekaligus mengundang GEPENTA untuk hadir pada acara tersebut.

Pintor Napitupulu yang mewakili dinas pendidikan, selaku Kabid Kepemudaan, mengharapkan agar GEPENTA segera menyurati pihak dinas terkait dalam menyelenggarakan program bersama dengan dinas pendidikan agar tercipta sinkronisasi program.

Turut berkomentar Dumaria Sinaga mengatakan bahwa ia sangat welcome (sambut hangat) dan antusias terhadap rencana program kegiatan GEPENTA. Dia juga berharap kedatangan teman-teman GEPENTA ke Kantor Dinas Perindag agar adanya jalinan silaturahmi, sekaligus dapat melaksanakan perencanaan program bersama.

Akhirnya pertemuan tersebut ditutup dengan harapan ada kesempatan kedua duduk bersama yang akan dilaksanakan kembali dalam waktu dekat untuk membahas terkait sinkronisasi porgram GEPENTA TOBASA dengan Pemkab TOBASA.

Pewarta: Boy Tonggor Siahaan

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *