May Sitanggang Gantikan Danny Siagian Sebagai Ketua Umum Group Alumni UNKRIS Periode 2019-2022

Foto: Prof. Dr. MH. Matondang, SE, MA (tengah) serahkan bendera pataka DPP KGJ kepada Maydin RH Sitanggang, SE., MM (kanan) disaksikan Danny PH Siagian, SE.,MM (kiri)
Foto: Prof. Dr. MH. Matondang, SE, MA (tengah) serahkan bendera pataka DPP KGJ kepada Maydin RH Sitanggang, SE., MM (kanan) disaksikan Danny PH Siagian, SE.,MM (kiri)
Foto: Prof. Dr. MH. Matondang, SE, MA (tengah) serahkan bendera pataka DPP KGJ kepada Maydin RH Sitanggang, SE., MM (kanan) disaksikan Danny PH Siagian, SE.,MM (kiri)

JAKARTA, BatakIndonesia

Maydin RH Sitanggang, SE., MM yang akrab disapa May Sitanggang, resmi dilantik sebagai Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Krisna Group Jatiwaringin (KGJ) periode 2019-2022.

May Sitanggang menggantikan Ketua Umum sebelumnya, Danny PH Siagian, SE., MM yang menjabat pada periode I tahun 2016-2019. Acara pelantikan berlangsung hari Minggu, 25 Agustus 2019, di Aula lt.2 Gedung A, kampus Universitas Krisnadwipayana (UNKRIS) Jatiwaringin, Pondok Gede, Jakarta Timur.

May Sitanggang terpilih secara aklamasi pada Musyawarah Besar (Mubes) I KGJ, tanggal 11 Agustus 2019 lalu, di Lapo Codian, Cawang, Jakarta Timur. KGJ sendiri diketahui sebagai organisasi independen para alumni Universitas Krisnadwipayana (UNKRIS) Lintas Angkatan-Lintas Fakultas, yang kini beranggotakan 145 orang alumni, baik S-1, S-2, S-3 hingga Profesor, dan tersebar diseluruh Indonesia hingga Mancanegara.

Sementara acara pelantikan dipadu dengan Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke III, yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2019 lalu. Sebelum pelantikan, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP KGJ, St. Demak Bonar Simanjuntak, SE, membacakan SK Ketua Umum tentang Susunan DPP KGJ periode 2019-2022, dilanjutkan dengan Pelantikan dan Serah Terima Jabatan (Sertijab).

Prof. Dr. MH. Matondang, SE, MA, alumni Fakutas Ekonomi tahun 1963  (Mantan Rektor UNKRIS/ Guru Besar Universitas Pancasila) yang juga sebagai Ketua Dewan Pembina DPP KGJ, selanjutnya melantik  para pengurus, yang ditandai dengan penyerahan bendera pataka KGJ berikut Ulos Batak yang bertuliskan DPP KGJ kepada Ketua Umum.

Matondang didampingi anggota Dewan Pembina, Prof. Dr. Ir. Gimbal Doloksaribu, MT, yang juga Ketua Umum DPP Pergubi (Persatuan Guru Besar (Profesor) Indonesia) dan Dr. Jack R. Sidabutar, SH., MH., MSi, Ketua Dewan Penasehat DPP KGJ, yang juga sebagai Dosen Pasca Sarjana UNKRIS.

Hebatnya, acara Pelantikan dan Sertijab dihadiri Rektor UNKRIS, Dr. H.Abdul Rivai, SE, M.Si, yang berkenan sebagai saksi pelantikan, dan Sekjen Ikatan Keluarga Besar Alumni (IKEBA) UNKRIS, Drs. H. Atang Sugiono, M.Si mewakili Ketua Umum Dr. H. Nata Irawan, SH, M.Si (Dirjen PMD Kemmendagri) berkenan sebagai saksi Sertijab.

Dalam sambutannya May Sitanggang mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kepemimpinan sebelumnya, yang menghantar KGJ hingga di usia ketiga, sekaligus menghantar suksesi kepemimpinan periode kedua untuk tiga tahun ke depan.

May Sitanggang juga mengucapkan terimakasih tak terhingga atas kehadiran para sesepuh, Ketua Dewan Pembina bersama anggotanya, Rektor UNKRIS, Sekjen mewakili Ketua Umum IKEBA UNKRIS, Ketua Dewan Penasehat serta seluruh pihak yang mendukung terselenggaranya acara pelantikan dan HUT ke III KGJ.

Lebih jauh, mantan pejabat eselon Bank BTN ini menekankan, kepengurusan dibawah kepemimpinannya nanti, akan memberdayakan para anggota untuk kemajuan organisasi dan kampus.

“Kita nanti akan berdayakan seluruh potensi SDM yang terhimpun dalam KGJ, dari ujung Barat hingga Timur Indonesia, bahkan yang ada di Mancanegara. Kita bangun sinergitas potensi-potensi yang ada, sekaligus memberi sumbangsih terhadap kemajuan kampus UNKRIS ke depan,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Umum sebelumnya, Danny PH Siagian dalam sambutannya mengatakan, agar pondasi kebersamaan yang menjadi komitmen sejak awal berdirinya KGJ tahun 2016, dapat dipertahankan. Dia berharap, Ketua Umum yang baru dapat mengembangkan animo anggota dalam membidik peran di dunia pendidkan, serta pembentukan Koperasi dan usaha.

Menurut Danny, selama 3 (tiga) tahun kepemimpinannya lebih menekankan terhadap terjalinnya persahabatan dan rasa kekeluargaan sesama anggota, baik dalam duka seperti: kematian; opname di RS; dan kedukaan lainnya, serta dalam hal suka, seperti: menghadiri pernikahan anak/ putri anggota; hadir di acara-acara syukuran keluarga anggota.

Dalam kesempatan sambutannya, Rektor UNKRIS, Dr. H. Abdul Rivai, SE, M.Si mengatakan, sangat mengapresiasi KGJ yang merupakan bagian dari alumni. Dia berharap, KGJ dapat bersinergi dengan IKEBA UNKRIS dan komunitas alumni lainnya, untuk kemajuan dan kebesaran kampus.

Rektor juga menginformasikan, bahwa pada tahun ini UNKRIS berada dalam ranking 120, dimana tahun sebelumnya ada di ranking 300-an. Sedangkan untuk tahun 2025, Rektor menargetkan UNKRIS akan menjadi Universitas Unggulan di Indonesia guna menjawab kebutuhan dan tantangan bangsa kedepan.

Foto (ki-ka) depan: Danny Siagian, Gimbal Doloksaribu, MH Matondang, May Sitanggang, Abdul Rivai, Atang Sugiono
Foto (ki-ka) depan: Danny Siagian, Gimbal Doloksaribu, MH Matondang, May Sitanggang, Abdul Rivai, Atang Sugiono

Sementara Ketua Dewan Pembina KGJ, Prof. Dr. MH. Matondang, SE, MA. dalam sambutannya berharap, agar KGJ dapat mendukung program Rektor, dan mampu memberi konstribusi terhadap Bangsa dan Negara.

“Saya berharap, KGJ dapat mendukung program Rektor untuk kemajuan kampus. Saya juga berharap KGJ dapat berperan bagi kemajuan pendidikan. Dan satu lagi yang penting, bahwa Pancasila adalah karunia Tuhan, yang harus kita pertahankan dan jalankan dalam kehidupan berbangsa dan ber-Negara,” harapnya.

Dosen sepuh yang pernah ditunjuk Presiden Soekarno sebagai Pemimpin Perusahaan BUMN Hotel Indonesia di Era Revolusi ini, juga memuji keberadaan Prof. Dr. Ir. Gimbal Doloksaribu, MT, yang mampu memimpin organisasi Pergubi, dan memiliki anggota sekitar 6.000-an di seluruh Indonesia.

Sedangkan Ketua Dewan Penasehat Dr. Jack R Sidabutar, SH, MH, M.Si dalam sambutannya menekankan agar seluruh komponen pengurus secara bersama-sama memberikan pemikiran untuk kemajuan KGJ, dan dapat mendukung kemajuan UNKRIS.

Adapun Sekjen IKEBA UNKRIS, Drs. H. Atang Sugiono, M.Si yang mewakili Ketua Umum Dr. H. Nata Irawan, SH, MSi mengatakan, agar KGJ dapat bersinergi dengan IKEBA, karena anggota KGJ sebahagian juga menjadi pengurus IKEBA.

“Kami berharap KGJ menjadi mitra IKEBA dan programnya disinkronisasi dgn program Ikeba UNKRIS,” pesannya.

Sambutan terakhir, Ketua Umum DPP Pergubi, Prof. Dr. Ir. Gimbal Doloksaribu, MT, yang juga anggota Dewan Pembina KGJ meyampaikan ucapan selamat kepada pengurus baru, dan ucapan terimakasih kepada pengurus lama.

Lebih jauh dikatakan Gimbal Doloksaribu, dunia pendidikan Indonesia masih membutuhkan sekitar 30.000 orang Guru Besar. Sementara hingga kini baru sekitar 6.000 orang. Sebab itu diharapkan, dari anggota KGJ ini akan muncul professor – professor muda.

“Sebagai alumni dan cukup lama jadi Dosen Fakultas Teknik, saya berharap UNKRIS dapat menjadi Universitas Unggulan seperti yang diprogramkan oleh Rektor, maka dari itu pengurus KGJ dapat membantu Rektor melalui programnya. Saya berharap juga dari KGJ akan muncul Guru Besar dan Profesor-profesor muda yang berkualitas di dunia pendidikan,” harapnya.

Sementara itu, dalam prosesi perayaan HUT ditandai dengan peniupan lilin dan pemotongan kue tart. Juga diberikan Piagam Penghargaan kepada pengurus lama oleh anggota Dewan Penasehat, Parbuntian Sinaga, SH., MH yang juga sebagai Wakil Dekan Fakutas Hukum. DANS

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *