Muba Zero Konflik dan Sahabat bagi Semua Orang

SEKAYU, BatakIndonesia.com — Muba (Musi Banyuasin) adalah daerah zero konflik. Di daerah ini toleransi umat beragama terbina dengan baik. “Kami tegaskan kita semua sama, dan kita semua bersaudara. Semoga suasana yang aman dan damai ini akan terus terjaga,” ucap Bupati Muba, H Dodi Reza Alex dalam sambutannya pada Perayaan Natal Oikoumene di Muba, Gedung Dharma Wanita Sekayu, Selasa (7/1/2020).

Kabupaten Muba selama ini terkenal sebagai daerah zero konflik dan kerukunan umat beragama terjaga dengan baik. Bupati Muba berharap agar hal seperti ini terus dipupuk serta ditingkatkan. Ia juga sangat mengharapkan umat kristiani turut serta berperan dalam membangun Kabupaten Muba dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tema Perayaan Natal ini adalah “Hidup Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang.” Tema ini merupakan tema Natal Nasional yang ditetapkan PGI dan KWI untuk menyambut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Tema ini sudah pas jika disandingkan dengan Muba sebagai daerah zero konflik, sehingga setiap orang yang berada di Muba dapat hidup menjadi sahabat bagi semua orang.

Dalam membangun persahabatan dan bertoleransi, Bupati Muba menyetujui permohonan umat Kristiani untuk lahan pemakaman. “Salah satu permintaan dari umat Kristiani adalah meminta lahan pemakaman, dan itu telah kita rencanakan serta dipersiapkan. Nanti akan ada dua tempat pemakaman, yakni di daerah timur yang mencakup Kecamatan Sungai Lilin, Bayung Lencir, Tungkal Jaya, dan Babat Supat. Satunya lagi untuk area barat, yakni Kecamatan Sekayu dan sekitarnya,” tutur Dodi.

Perayaan Natal Oikoumene di Muba

Sementara itu Ketua Forum Kerjasama Antar Gereja (FKAG) Kabupaten Muba, Eko Wahyudi, mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Muba yang telah memberikan dukungan atas terselenggaranya Perayaan Natal Ouikumene perdana di Bumi Serasan Sekate yang dihadiri seluruh gereja yang tergabung dalam Forum Kerukunan Antar Gereja (FKAG) di Kabupaten Muba.

“Dengan acara Natal ini, kami harapkan kita bisa bersatu, bersama pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Muba,” tandas Eko.

Pada kegiatan itu juga dilakukan penyerahan bantuan oleh Bupati Muba kepada anak-anak Panti Asuhan El Nusa Sekayu yang turut hadir.

Bupati Muba hadir dengan didampingi Ketua TP PKK Muba Hj Thia Yufada Dodi Reza Alex, Sekretaris Daerah Kabupaten Muba Drs H Apriyadi MSi, Kapolres Muba AKBP Yudhi Surya Markus Pinem SIk, dan kepala Perangkat Daerah Muba.

Pewarta: Sinulingga
Editor: Boy Tonggor Siahaan

BACA:  Selamat Jalan Sang Maestro, Bonar Sihombing…

Facebook Comments

Default Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *