Musda DPD FBBI Sumsel Pererat Kebersamaan masyarakat Batak

PALEMBANG, BatakIndonesia.com — DPD FBBI (Dewan Pimpinan Daerah Forum Bangso Batak Indonesia) Sumatera Selatan (Sumsel) pada Sabtu (20/7/2019) menggelar musyawarah daerah (Musda) di hotel Aryaduta, Palembang. Musda tersebut mengangkat tema: Batak Berkarya Indonesia Berjaya. Melalui organisasi ini diharapkan masyarakat suku Batak di Sumsel dapat semakin bersatu padu dan bisa saling membantu.

Hadir dalam kesempatan ini Dr. Ronsen Pasaribu selaku Ketua Umum FBBI yang juga pendiri dan IGB Surya sebagai Ketua PHDI Sumsel, B Panjaitan sebagai Pembimas Kristen Kanwil Depag Sumsel, dan Ketua PSMTI, serta masing masing ketua 5 puak/suku, yaitu Batak Toba, Batak Karo, Batak Simalungun, Batak PakPak, Batak Mandailing/Angkola.

Acara Musda FBBI Sumsel juga disertai dengan kegiatan dialog interaktif dengan nara sumber BNNP Sumsel diwakili Adolf, Kaban Kesbangpol Sumsel Bakhnir dan Ketua Forum CSR Sumsel Ryan.

Dalam sambutannya Ketua Umum FBBI Dr. Ronsen Pasaribu mengharapkan kehadiran FBBI di Sumsel dapat bermanfaat bagi warga Batak. Dalam kesempatan ini ia memberikan ucapan terima kasih kepada kepengurusan DPD FBBI Sumsel di bawah ketua Jimmy Lumban Gaol dan sekretarisnya Sumarjono Saragih yang sudah 3 tahun ini membawa FBBI semakin dikenal dan dirasakan manfaatnya bagi warga Batak dan Sumsel pada umumnya.

Sementara itu Ketua DPD FBBI Sumsel Jimmy Lumban Gaol dalam laporan pertanggungjawabannya selama 3 tahun ini telah melakukan 20 kegiatan di antaranya arisan pengurus bulanan, bakti sosial Idul Fitri dan Natal membantu sejumlah panti asuhan, mengirim 90 papan bunga kepada warga Batak yang berduka maupun ucapan selamat, mengirim buku-buku ke taman bacaan di kabupaten Humbanghas Provinsi Sumut, serta aktif dalam kegiatan Natal Oikoumene.

Ia berharap melalui FBBI dapat mengangkat dan membuat warga Batak bangga dengan suku dan adat tradisional yang dimilikinya. Ditegaskannya FBBI Sumsel merupakan organisasi milik bersama yang dapat dimanfaatkan untuk kemajuan dan kebersamaan warga Batak di Sumsel.

Sesuai anggaran dasar organisasi ini tidak berpolitik praktis dan siap bersinergi dengan pemerintah daerah serta instansi lainnya dalam memajukan daerah.

Acara Musda ini juga menghasilkan beberapa kesimpulan bahwa FBBI Sumsel menjadi mitra kerja Pemprov Sumsel melalui Kesbangpol serta akan bersinergi dalam kegiatan-kegiatan budaya. Begitu juga FBBI akan memfasilitasi komunitas bagi mitra Forum CSR yang mana akan diberikan sosialisasi terkait bantuan Rumah Murah dari Kementerian PUPR. Terkait tentang bahaya narkoba juga diharapkan ketua-ketua marga Batak menyosialisasikan langsung pada anggota marganya.

Sementara itu pada sesi pemilihan ketua berjalan dengan baik, di bawah pimpinan sidang Jalo Pardede, S Tumanggor dan Jhan Krippen Saragih serta dimoderatori Sumarjono Saragih.

Akhirnya walaupun ketua periode 2016-2019 Jimmy Lumban Gaol sudah menyatakan tidak bersedia dipilih kembali, tetapi dengan usulan dari ketua marga dan 5 Puak/Suku Batak secara demokrasi terpimpin akhirnya terpilih secara aklamasi kembali Jmmy Lumban Gaol menjadi Ketua DPD FBBI Sumsel periode 2019-2022 bersama dengan Sekjen Sumarjono Saragih.

Horas
Mejuah juah
Njuah njuah

(Jep)

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *