Partuha Maujana Simalungun Menyatukan Batak Diaspora di Sumsel

Batak Diaspora

PALEMBANG, BatakIndonesia.com — Partuha Maujana Simalungun (PMS) adalah salah satu organisasi masyarakat Batak yang berada di luar bonapasogit (diaspora, terserak). Cukup banyak orang-orang Batak diaspora di Sumatera Selatan.

[Slideshow "partuha-maujana-simalungun" not found]

Sekretaris Dewan Pengurus Daerah FBBI Provinsi Sumatera Selatan, Soemardjono secara resmi terpilih menjadi ketua PMS Bangka Belitung di Sumatra Selatan. Pelantikan dilaksanakan secara meriah di Gedung Serbaguna Sukaria Jalan Pewari, Palembang, Sabtu (21/10/2017).

Usai pelantikan, acara dilanjutkan dengan Pesta Budaya Masombu Sihol, Makan Malam, dan Lucky Draw yang dihadiri lebih dari 500 orang masyarakat Batak Simalungun, Pejabat Daerah dan Bupati Simalungun J.R. Saragih didampingi puluhan pejabat teras daerah Kabupaten Simalungun. Sultan Palembang dan tokoh Budaya nampak hadir bahkan turut manortor (menari) sebagai bentuk sikap kebhinekaan dan keterbukaan mereka akan hadirnya organisasi yang baru di tanah “wong kito’, Palembang ini.

Acara ini meriah dan menjadi momen penting bagi bangso Batak untuk menyatukan perantau di Sumatera Selatan. Hadirnya PMS ini untuk memudahkan melaksankan kegiatan-kegiatan sosial, ekonomi dan memupuk kesatuan dan persatuan sesama perantau, sehingga terjadi persaudaraan (silaturahmi) yang positif bagi keluarga maupun pemerintah setempat.

Panitia yang sudah bekerja keras patut bergembira karena mendapat sambutan dari ormas lainnya seperti Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI) yang diketuai Jimmy Lumban Gaol. Dari DPP FBBI, Ronsen LM Pasaribu (Ketum) dan Djalan Sihombing (Sekjen) juga menyampaikan ucapan selamat kepada PMS. Semoga orang Batak di Sumsel dari semua puak dapat menyatukan diri untuk mengisi pembangunan di bonapasogit dan di tempat masing-masing, dengan prinsip perantau “di mana bumi diinjak, di situ langit dijunjung”. DPP FBBI sekaligus mengucapkan terimakasih kepada Panitia Jon Edison Damanik (Ketua) dan Jimmi Jawarda Purba (Sekretaris) serta Pdt.Almer Trivendi Purba, S.Th,M.Si (Penasehat).

Pengurus Lengkap PMS antara lain: Soemardjono Saragih (Ketua), Ir. Marwan Saragih, MT (Sekretaris), dan Lerdin Saragih, SH (Bendahara).

Selamat bekerja dan semoga visi dan misinya sebagai wadah pemersatu orang Batak Simalungun bisa tercapai dan sukses. (RLMP/BTS)

BACA:  Gedung BritAma Arena-Mahaka Square, Sebagai Pilihan Tempat Acara Pesta Bona Taon PRSB Se-Jabodetabek 2020

Facebook Comments

Default Comments

One thought on “Partuha Maujana Simalungun Menyatukan Batak Diaspora di Sumsel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *