RSUD Sekayu Raih Akreditasi Tingkat Paripurna

SEKAYU, BatakIndonesia.com — Pelayanan prima yang dicanangkan RSUD Sekayu berbuah manis, pasalnya Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) telah resmi menetapkan RSUD Sekayu sebagai peraih akreditasi bintang lima atau tingkat paripurna.

Peraihan tersebut tentu sangat setara dengan pelayanan yang dijalankan RSUD Sekayu. Betapa tidak, sejak dua tahun belakangan ini terobosan-terobosan program terus digencarkan sesuai dengan visi dan misi Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin yang berkomitmen menciptakan pelayanan kesehatan yang baik dan berkualitas.

Direktur RSUD Sekayu, dr Makson Parulian Purba MARS mengatakan manfaat akreditasi paripurna bagi RSUD Sekayu mampu meningkatkan kepercayaan diri RSUD Sekayu untuk mewujudkan visi dan misi. 

“Dengan  akreditasi paripurna, RSUD Sekayu mempunyai harapan meningkatkan mutu pelayanan dan kepuasan pasien meningkat. Ini syarat mendapatkan RS Rujukan regional berstandar internasional, kemudian dengan akreditasi paripurna RSUD Sekayu memiliki standar-standar nasional dan mendapat pengakuan dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) serta motivasi semua elemen bisa menerapkan standar-standar Akreditasi di RSUD Sekayu,” ungkap dr Makson.

Dikatakan, ada empat tingkatan akreditasi yang ditetapkan KARS berdasarkan sistem akreditasi versi SNARS ed 1, yakni tingkat dasar, madya, utama dan paripurna.

“Untuk mencapai tingkat paripurna, suatu rumah sakit harus lulus penilaian 15 program kerja, di antaranya akses dan kontinuitas pelayanan, manajemen pemberian obat, pendidikan pasien dan keluarga, dan keselamatan pasien,” jelasnya.

Diketahui, RSUD Sekayu juga membuka 4 (empat) Poli Spesialis Weekend disertai Dokter Spesialisnya. Terobosan baru ini salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan, dan mengatasi adanya keluhan masyarakat susah mendapat pelayanan poli yang maksimal di waktu weekend, serta mewujudkan visi misi RSUD Paripurna.

“Dapat dikatakan RSUD Sekayu merupakan rumah sakit pertama di Provinsi Sumatera Selatan yang membuka empat poli spesialis weekend,”kata dr Makson.

Lanjutnya, selain meningkatkan pelayanan untuk mendukung terwujudnya Muba Maju Berjaya 2022, di tahun ini juga RSUD Sekayu akan menerima dan membuka pelayanan dr spesialis bedah thorak dan vaskuler. Hal ini dalam rangka mendukung mewujudkan center excellent Integrated Heart Care (pusat layanan jantung terintegrasi) dan ini akan mewujudkan mimpi di RSUD sekayu dapat dilakukan operasi jantung perdana, sehingga RSUD sekayu Kabupaten MUBA menjadi satu satunya RS kabupaten yang mampu melakukan operasi jantung, seperti operasi bariatrik (operasi untuk mengatasi obesitas ekstrim) yang pernah sukses dilakukan di RS sekayu beberapa waktu yang lalu.

“Semoga terobosan baik ini didukung oleh semua pihak. Untuk pelayanan bedah jantung perdana , untuk itu persiapan dan perencanaan yang baik akan kita lakukan. Sebagai langkah awal, kita akan mempersiapkan SDMnya serta melengkapi peralatan bedahnya.

RSUD Sekayu

Untuk program dokter spesialis weekend di hari Sabtu dan Minggu akan ada dokter spesialis yang bertugas, seperti dokter bedah, penyakit dalam, dokter anak, kebidanan dan kandungan. Selain itu dalam rangka mengembangkan layanan yang ada saat ini juga sedang dalam proses mendatangkan dokter spesialis bedah syaraf, dr spesialis bedah urologi, dan dokter spesialis bedah orthopedi.

“Prinsipnya kita akan membangun jaringan dalam rangka memberikan pelayanan yang maksimal buat masyarakat Muba sesuai dengan keinginan Bupati Muba Dodi Reza Alex, yang ingin RSUD Sekayu memberikan pelayanan berkualitas berstandar internasional,” imbuhnya.

“Selain itu yang terpenting harapan kami RSUD akan dikenal sebagai icon Sekayu, untuk mewujudkan kota Sekayu sebagai medical city, namun juga dikenal sebagai rumah sakit daerah yang benar-benar berkualitas dan memberikan layanan maksimal untuk warga sekitar, khususnya di Musi Banyuasin,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Muba Dodi Reza dari tahun ke tahun RSUD Sekayu selalu melakukan inovasi dan program terobosan. “Ini semata-mata demi pelayanan kepada masyarakat Muba khususnya, untuk pelayanan kesehatan ini pokoknyo kita akan all out,” tegas Dodi.

Lanjutnya, pelayanan kesehatan di RSUD Sekayu menjadi pokok prioritas. “Harapan kami warga Muba tidak kesulitan mendapatkan pelayanan dan perawatan kesehatan, bahkan dengan target RSUD Sekayu menjadi rujukan RS regional kami ingin mengakomodir warga dari luar Muba yang membutuhkan pelayanan dan fasilitas yang ada di RSUD Sekayu,” pungkasnya. (Kontributor MUBA)

BACA:  Penikaman Jhoni Napitupulu, Anggota PPWI Jakarta Diduga Motif Dendam

Facebook Comments

Default Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *