Rumah Sakit Para Penerima Donasi APD dari ICoLC dan HVT di Sumut, Sangat Antusias dan Berterimakasih

Foto: Penyerahan Donasi APD dan masker KN95 di RSU HKBP Balige  

JAKARTA, BatakIndonesia.Com

Seluruh Rumah Sakit (RS) penerima donasi APD (Alat Pelindung Diri) baju Hazmat (Hazardous Material Suit) High  Grade, masker KN95 serta masker medis dari organisasi Indonesia Council on Local Church (ICoLC), dan PT High Volt Technology (HVT), Jakarta, sangat antusias dan berterimakasih, sebab ada lembaga yang peduli dengan keberadaan paramedis sebagai garda terdepan dalam menghadapi Covid 19.

Donasi tersebut diberikan kepada 19 Rumah Sakit yang terdiri dari RSUD, RSU dan RS (termasuk Fakultas Kedokteran USU), di beberapa wilayah kabupaten/kota di provinsi Sumatera Utara (Sumut). APD yang diserahkan berupa APD baju Hazmat High Grade total sebanyak 3.000 set dan 3.000 buah masker KN95/N95 serta masker medis.

Ke 19 Rumah Sakit penerima donasi, mulai dari wilayah kota Medan, Deli Serdang, Asahan, Karo, Pematang Siantar, Simalungun, Samosir, Toba, Humbahas, Tapanuli, Dairi, hingga Nias itu adalah:

  1. RSUP Adam Malik, Medan;
  2. RS Martha Friska Multatuli, Medan;
  3. RS Universitas Sumatera Utara, Medan; dan
  4. Fakultas Kedokteran USU, Medan.
  5. RSUD Deli Serdang, Lubuk Pakam (Kab. Deli Serdang);
  6. RSUD Bunda Mulia, Kisaran (Kab. Asahan);
  7. RSUD Labuhanbatu Utara, Aek Kanopan (Kab. Labuhanbatu Utara);
  8. RSUD H Abdul Manan Simatupang, Kisaran (Kab. Asahan);
  9. RSUD Kabanjahe (Kab. Karo);
  10. RSUD Dr. Djasamen Saragih (Kota Pematang Siantar);
  11. RSUD Perdagangan, Bandar (Kab. Simalungun);
  12. RSUD Dr. Hadrianus Sinaga (Kab. Samosir);
  13. RSUD Porsea (Kab. Toba);
  14. RSUD HKBP Balige (Kab. Toba);
  15. RSUD Dolok Sanggul (Kab. Humbahas);
  16. RSUD Dairi (Kab. Dairi);
  17. RSUD Tarutung (Kab. Tapanuli Utara);
  18. RSUD Pandan, Padang Sidempuan (Kab. Tapanuli Tengah);
  19. RSUD Gunung Sitoli, Kota Gunung Sitoli (Nias).

Menurut Koordinator Program Pelaksana dari ICoLC, Victor Gunadi, seluruh donasi telah dikirimkan dari Medan, secara berkesinambungan sudah bergerak sejak tanggal 12 Mei 2020. Dan terakhir 16 Mei 2020 masuk ke daerah yang paling jauh jangkauannya di pulau Nias, untuk RSUD Gunung Sitoli.

Pendistribusian dibantu hampir 50 orang relawan dari berbagai wilayah yang dekat dengan daerah yang dituju. Dipimpin Koordinator Lapangan (Tim ICoLC Medan), Pdt. Dedy Oranta Ketaren dan Esrawati Ginting.

BACA:  Peran Bambu dalam Masyarakat Batak, Masihkah?

Dikatakan Victor Gunadi yang juga Sekjen ICoLC itu, dari berbagai laporan berupa foto, video singkat serah-terima, dan dokumen Berita Acara yang diterimanya, para pihak RS penerima sangat antusias menerima sumbangan tersebut.

Dari beberapa video dan dokumen yang juga dikirimkan ke awak media, terlihat para penerima begitu bersemangat saat menerima kiriman barang berupa APD dan masker tersebut. Rata-rata penerima dari pihak RS hadir 4 hingga 5 orang, dan mereka mengucapkan terimakasih, seraya mendoakan agar ICoLC dan PT HVT sukses dalam pelayanannya.

Serah Terima di RSUP Adam Malik, Medan
Serah Terima di RSUP Adam Malik, Medan

Bahkan diantara RS Penerima, ada yang secara khusus menerbitkan Piagam Tanda Terimakasih kepada ICoLC dan PT HVT. RS tersebut adalah RSUD Deli Serdang, Lubuk Pakam, yang ditandatangani Direkturnya, dr. Hanip Fahri, MM., M.Ked (KJ)., Sp.KJ; dan RSUD dr. Djasamen Saragih, kota Pematang Siantar, yang ditandatangani Wadir III, Ronny D.W Sinaga, S.STP., M.Sc.

Dari beberapa tanda serah terima yang dikirimkan ke media, antara lain: RSUD Deli Serdang, diserahkan Baju hazmat high grade (150 pcs), Masker KN95 (150 pcs), Baju hazmat (50 pcs), dan Masker medis (50 pcs), yang diterima dr. Agustina Siburian. Sedangkan yang menyerahkan dari relawan ICoLC adalah Pdt. Jontimer Malau dan Nuresah Tarigan.

Untuk RSUP Adam Malik, diserahkan oleh Pdt. Dedy Oranta Ketaren dan Esrawati Ginting. Di RSUD dr. Djasamen Saragih kota Pematang Siantar, diserahkan Baju Hazmat High Grade (100 Pcs), Masker KN95 (100 Pcs), Baju Hazmat (100 Pcs), dan Masker Medis (100 kotak), oleh relawan Pdt. Victor Edi Hutagaol, dan Pdt. Daniel Panggabean, dan diterima oleh Wadir II dan Wadir III beserta staf.

Serah terima di RSUD Dairi, Sidikalang, kab. Dairi
Serah terima di RSUD Dairi, Sidikalang, kab. Dairi

Di RSU Kabanjahe, kab. Karo, donasi diterima Rabu, 13 Mei 2020, pukul 14.00 WIB, yang diserahkan relawan Pdt. Yosua Sinukaban, Komando Tarigan dan Pdt. Krispus D. Surbakti, masing-masing sebanyak 100 pcs untuk 4 (empat) jenis barang. Diterima perwakilan RSU Kabanjahe dr. Evanita Bangun bersama stafnya.

BACA:  Rumah Tempat Berlindung (Stay at Home)

Untuk RSUD Labuhan Batu Utara (Labura), kab. Asahan, diserahkan oleh Pdt. Sabrina Tarigan dan Pdt. Siringo Ringo, masing-masing sebanyak 50 pcs untuk 4 (empat) jenis barang. Demikian juga untuk RSUD Perdagangan, kab. Simalungun diserahkan oleh relawan Pdt. Sitorus.

 

Serah terima di RSUD dr. Hadrianus Sinaga, kab. Samosir
Serah terima di RSUD dr. Hadrianus Sinaga, kab. Samosir

RSUD Porsea, tanggal 14 Mei 2020, diterima TU, F. Manalu, Surat Tanda Terimakasih ditandatangani Direktur RSUD, dr. Tommy C. Siahaan, M.KM. Diserahkan oleh Pdt. Sabar Tampubolon dan Ronny Sianturi, masing-masing jenis APD sebanyak 50 pcs. Untuk RSUD Tarutung, yang menyerahkan Pdt. Debora Nainggolan, sedangkan ke RSUD Dairi, yang menyerahkan Pdt. Hutasoit.

 

Ke RSUD Dolok Sanggul, Kamis, 14 Mei 2020, pukul 10.00 wib, relawan yang menyerahkan APD masing-masing jenis 50 pcs, adalah Pdt. Dedy Simamora, Pdt Arifin Manulang, dan Paber Simamora. Yang menerima dari pihak RSUD Dolok Sanggul adalah dr. Netty Iriani Simanjuntak. Untuk RSU HKBP Balige, serah terima Jum’at, 15 Mei 2020, oleh Pdt Rudi Tanjung dan diterima oleh dr. Tulus Manurung (Direktur dr. Nelson Siburian, MKM).

Serah terima barang di RSUD Gunung Sitoli, Nias
Serah terima barang di RSUD Gunung Sitoli, Nias

Di RSUD Hadrianus Sinaga, Pangururan, kab. Samosir, tanda serah terima barang masing-masing jenis APD 50 pcs, ditandatangani Direktur, dr. Friska Situmorang, MM, tertanggal 15 Mei 2020. Diserahkan oleh Pdt. Sabdi Gultom. Demikian juga untuk RSU HKBP Balige, serah terima hari itu juga, diserahkan oleh Pdt. Rudi Tanjung dan diterima oleh dr. Tulus Manurung (Direktur dr. Nelson Siburian, MKM).

Dan pada hari Sabtu, 16 Mei 2020, diserahkan kepada RSUD Gunung Sitoli, sebanyak 100 pcs masing-masing untuk 4 (empat) jenis barang, oleh Pdt. Octavius Tabangun dan Pdt. Jonatan Laoli dan diterima oleh dr. Hotman Purba beserta staf. Untuk RSUD Pandan, Padang Sidempuan, diserahkan oleh Pdt. Manihar Banjarnahor, dan diterima oleh Rijal Efendi dan staf.

BACA:  DPP FBBI Dengan Spirit Baru di Kantor Baru, Gedung Apartemen Menteng Square

Dikatakan Victor, donasi ini murni inisiatif dan swadaya dari ICoLC dan HVT, yang juga ingin mendukung pemerintah dalam menangani pandemi ini.

“Lewat donasi ini, ICoLC dan HVT ingin mengirimkan pesan kepada Pemerintah, bahwa kami mendukung Pemerintah untuk bahu-membahu bersama seluruh bangsa Indonesia, dalam melewati krisis akibat wabah Covid 19 ini,” ungkapnya kepada media via WA, Selasa lalu.

 

Program Donasi APD dan Masker ICoLC didukung oleh PT HVT, Jakarta
Program Donasi APD dan Masker ICoLC didukung oleh PT HVT, Jakarta

Adapun Tim Pelaksana Program dari kedua lembaga tersebut adalah: Penasehat – Dr. Saur Hasugian; Ketua Umum – Ir. Cawir Ginting; Koordinator Pengarah Program Donasi – St. Ir. Berlian Tampubolon M.Sc; Koordinator Program – Victor Gunadi; Koordinator Lapangan (Tim ICoLC Medan) – Pdt. Dedy Oranta Ketaren dan Esrawati Ginting; beserta hampir 50 relawan di berbagai daerah di Sumatera Utara.

Indonesia Council on Local Church (ICoLC) sendiri adalah organsasi nirlaba yang terbeban untuk kemajuan dan pengembangan pelayanan gereja Kristen lokal di Indonesia. Sedangkan PT High Volt Technology (HVT) merupakan perusahaan khusus, inovatif dan independen dalam hal instalasi, pengujian, commissioning, pemantauan, diagnosis, penilaian dan pemeliharaan peralatan tegangan tinggi.

Hingga kini, Tim Media Center Gugus Covid-19 Sumut meng-update per 17 Mei 2020 sebagai berikut: PDP 202 orang; Positif RT-PCR 218 orang; Meninggal 26 orang; dan Sembuh 58 orang. Kota Medan menduduki ranking tertinggi, PDP 123; Positif RT-PCR 153; Meninggal 14 orang; dan Sembuh 41 orang. DANS

Facebook Comments

Default Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *