Seminar Marhata Adat: Mendorong Orang Batak Makin Giat Menggali dan Melestarikan Adat dan Budaya Batak

BALIGE, BatakIndonesia.com — Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tobasa gelar Seminar Marhata Adat dari tanggal 20-22 Juni 2019 yang dilaksanakan di Gedung Dojo TB.Silalahi Center, Balige. Seminar Marhata Adat ini mendorong orang Batak makin giat menggali dan melestarikan Adat dan Budaya Batak.

Peserta seminar ini merupakan utusan dari beberapa Bius (wilayah Adat) yang ada di Toba Samosir seperti Bius Balige, Tampahan, Laguboti, Sigumpar, Silaen, Siantar Narumonda, Porsea, Parmaksian, Bonatua Lunasi, Uluan, Lumban Julu dan Ajibata, Pintu Pohan Meranti, Habinsaran, Nassau, dan Borbor.

Sebelum membuka pelaksanaan seminar, dalam sambutannya Bupati Toba Samosir Darwin Siagian menyampaikan bahwa bagi masyarakat Batak, Adat dan Budaya adalah bagian penting dari proses kehidupan sehari-hari, yang harus dilestarikan agar dapat diwariskan kepada generasi penerus Suku Batak.

“Saat ini pengetahuan/pemahaman sebagian besar masyarakat terhadap adat dan budaya Batak Toba sudah semakin berkurang,” sebutnya.

Selanjutnya Darwin Siagian mengatakan bahwa dalam Keluarga orang Batak Pernikahan mempunyai tiga kategori yang dianggap sah, yaitu secara Agama, diakui secara Catatan Sipil atau diakui secara Adat.

“Oleh karena itu Budaya dan Adat memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari orang Batak,” ujar Darwin.

Karena itu sudah merupakan kewajiban bagi semua pihak termasuk Pemerintah untuk menjaga sekaligus merevitalisasi kembali adat dan budaya tersebut, sebut Darwin Siagian. Ia juga berharap melalui seminar ini dapat membahas bagaimana mengefisienkan waktu pelaksanaan Adat tanpa mengurangi makna dari adat tersebut dan hubunganya dalam peningkatan ekonomi masyarakat ke depan. Melalui adat dan budaya, ini menjadi daya tarik pariwisata.

Dalam laporannya Audy Murphy sebagai Ketua pelaksana Seminar Marhata Adat mengatakan bahwa kegiatan ini adalah sebagai sarana untuk menggali dan melestarikan adat dan budaya batak yang ada, karena adat dan budaya merupakan bagian penting dari proses kehidupan sehari-hari masyarakat batak.

Sumber: Akun Facebook Berita Tobasa

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *