Balai Pustaka FBBI Raih Juara 2 Perpustakaan Terbaik Tingkat Sumatera Utara

Balai Pustaka FBBI Raih Juara 2 Perpustakaan Terbaik Tingkat Sumatera Utara

MEDAN, BatakIndonesia.com — Pertengahan April 2019 lalu, Balai Pustaka FBBI (Forum Bangso Batak Indonesia) di Desa Pollung yang dikelola Jery Lumban Gaol telah memperoleh penghargaan Balai Pustaka terbaik kedua tingkat Provinsi Sumatera Utara. Hal ini telah diposkan (posting) pada Grup Facebook GerBang FBBI – Gerakan Pembangunan Forum BANGSO BATAK Indonesia pada Jumat (26/4/2019).

Balai Pustaka FBBI desa Pollung ini adalah bentuk nyata kehadiran FBBI di Bonapasogit (kampung halaman) sebagai Gerbang (Gerakan Pembangunan) FBBI demi kemajuan Bonapasogit.

FBBI telah membangun jaringan Balai Pustaka di beberapa daerah di Bonapasogit untuk membangun minat baca masyarakat. Dengan mendirikan sebanyak mungkin Balai Pustaka di Bonapasogit, maka FBBI telah membuka GERBANG DUNIA bagi masyarakat Batak. Kita mengetahui bahwa, BUKU ADALAH GERBANG UNTUK MASUK KE PENJURU DUNIA.

Baca juga: Mengapa Perpusakaan Begitu Penting Bagi Bonapasogit?

FBBI patut berterima kasih kepada pengurus FBBI di Bonapasogit sebagai pengelola Balai Pustaka khususnya Jery Lumban Gaol yang dengan gigih membangun Balai Pustaka FBBI Pollung, sehingga memperoleh penghargaan terbaik kedua se-Sumatera Utara. Penghargaan itu penting, namun yang lebih penting adalah MANFAAT BALAI PUSTAKA FBBI ini harus dirasakan oleh masyarakat luas dan berdampak bagi pertumbuhan minat membaca dan memperkaya pengetahuan masyarakat.

Untuk memaksimalkan fungsi Balai Pustaka FBBI ini maka diharapkan seluruh masyarakat dan seluruh perangkat pemda dan jajarannya secara khusus dinas pendidikan agar membuat suatu program wajib menjadi anggota dan aktif membaca di Balai pustaka yang ada di sekitar sekolah. Atau membuat program wisata wajib minimal 1x dalam tahun ajaran pendidikan untuk mengunjungi Balai Pustaka dan menjadi satu kriteria untuk memberi penilaian pada kenaikan kelas.

Baca juga: FBBI Mendukung Program Presiden Jokowi Menyiapkan Taman Bacaan di Bonapasogit

Balai Pustaka FBBI adalah swadaya murni dari anggota FBBI maupun simpatisan FBBI, maka dengan itu kami atas nama DPP FBBI mengharapkan bantuan pengiriman buku secara langsung maupun melalui pengurus FBBI di DPP, DPD, DPC atau DP Ranting di manapun berada.

Balai Pustaka FBBI Raih Juara 2 Perpustakaan Terbaik Tingkat Sumatera Utara
Jery Lumban Gaol memegang piagam penghargaan Juara 2 Balai Pustaka Tingkat Sumatera Utara.

Secara nasional pemerintah saat ini sangat mendukung bertumbuhnya Balai Pustaka di seluruh pelosok Nusantara. Bentuk dukungan pemerintah dituangkan dalam kerjasama antara PT POS Indonesia dengan Kementerian Pendidikan & Kebudayaan di mana setiap tanggal 17 setiap masyarakat boleh mengirimkan paket buku maksimal 10 kg per orang dengan tujuan Balai Pustaka yang telah tercatat dalam program pengiriman buku gratis. (BALAI PUSTAKA FBBI desa Pullung telah tercatat). Untuk itu kami pengurus DPP FBBI Mengajak seluruh masyarakat Batak di mana pun berada agar kiranya turut serta menyumbangkan buku apa saja yang layak dibaca oleh masyarakat Batak di Bonapasogit, tidak terbatas hanya buku Bahasa indonesia, tetapi juga buku-buku dalam bahasa asing.

Baca juga: FBBI Kirim Buku ke Humbahas dengan Jasa Pengiriman Gratis dari Pos Indonesia

Semoga, keberhasilan yang telah dicapai oleh Balai Pustaka FBBI desa Pullung ini menggugah hati seluruh masyarakat Batak di mana pun berada untuk ikut berperan aktif mencerdaskan masyarakat di Bonapasogit.

Jayalah Bangso Batak
Advendes Pasaribu Ultop
26 April 2019

BACA:  Tradisi Makan Bersama Orang Batak Penuh Kekeluargaan

Facebook Comments

Default Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *