FBBI Muba Ramaikan Festival dan Karnaval Budaya HUT MUBA ke-63

FBBI Muba Ramaikan Festival dan Karnaval Budaya HUT MUBA ke-63

SEKAYU, BatakIndonesia.com — Antusias masyarakat Muba, menyaksikan pawai dan karnaval  kedararan hias dari roda dua sampai roda empat yang dimodifikasi beragam-ragam  bentuk. Diikuti pelajar, instansi pemerintah dan swasta serta masyarakat. Karnaval diadakan sebagai rangkaian peringatan HUT ke-63 Kabupaten Musi Banyuasin,  Sumatera Selatan.

Berdasarkan pantauan media ini, kegiatan yang dilaksanakan, Senin (30/09/2019) sekitar pukul 14:00 wib. Awal start dimulai dari depan RSUD Sekayu dan finish depan rumah Dinas Bupati Muba.

Tampak komunitas Batak ikut peserta karnaval mobil dengan hiasan ikan emas yang hidup di Danau Toba, Samosir, bertuliskan “Batak Berkarya, Muba Maju Berjaya” dari Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI). Mereka mengenakan pakaian khas Batak Toba dan Simalungun, Karo Dairi Pakpak, dan Mandailing. Masyarakat Muba pun memberikan apresiasi dengan seruan khas Batak dan Karo: Horas, Mejuah-juah, Njuah-njuah sambil penuh sukacita dan kebahagian tampak di acara ini. Warga masyarakat memadati ruas jalan untuk menyaksikan dari dekat rangakain pawai karnaval tersebut.

“Saya melihat antusias warga  yang ikut karnaval sangat tinggi. Jarang sekali ada kegiatan keramaian di daerah seperti di Muba ini. Sehingga saat ada karnaval langsung disambut antusias,” kata Jhan Kripen Saragih Ketua FBBI Muba bersama Susi br Sinaga selaku Bendahara FBBI Muba.

Sementara itu Herryandi Sinulingga, AP, yang berasal dari Tanah Karo menjelaskan bahwa dari Sumatera Utara khususnya Batak memiliki suku yakni suku Toba, Simalungun, Karo, Pakpak Dairi, Mandailing dan kami memilki adat-istiadat bahasa serta pakaian adat yang dominan berwarna merah dan hitam. Dalam kesempatan karnaval ini, kami warga suku Batak yang berdomisili di Musi Banyuasin ini mengapreasiasi peran serta warga Batak Muba yang ikut berpartisipasi mengikuti karnaval mobil hias.

“Kita juga mengucapkan terimakasih serta menghimbau kepada kita semua di manapun kita berada untuk ikut berpartisipiasi dengan kegiatan pemerintahan. Di manapun tinggal, kita tetap sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta,” ucap Lingga yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi & Informatika.

Dengan mengenakan pakaian khas Batak Toba Simalungun, warga komunitas ini ikut karnaval dengan mobil hias. Masyarakat pun memadati ruas jalan untuk menyaksikan dari dekat pawai tersebut.

“Saya melihat antuasias warga yang ikut karnaval sangat tinggi. Jarang sekali ada kegiatan keramaian di daerah seperti di Muba ini, sehingga saat ada karnaval langsung disambut antusias,” kata Daniel Simanungkalit salah satu warga Muba.

Sementara Itu Joni Martohonan Simanungkalit yang juga Kasat POL PP didampingi Yans Wanto Hutagalung juga mengamini bahwa dari Sumatera Utara terdiri suku Batak Toba, Simalungun, Karo, Dairi, dan Mandailingi ini bangga ada warga Muba suku Batak yang mau berpartisipasi dalam kegiatan karnaval ini dan saya mengapreasiasi peran serta warga Batak Muba yang ikut berpartisipasi mengikuti karnaval mobil hias ini,” ungkapnya.

Pewarta: Sinulingga

BACA:  Manat Mardongan Tubu

Facebook Comments

Default Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *