Ingat Poken, Ingat Ibu

Kepanitiaan Batak Bersatu Melawan Covid 19 Terbentuk, Untuk Misi Kemanusiaan

JAKARTA, BatakIndonesia.com — Poken? Apa ya? Poken berasal dari bahasa Batak Angola, artinya “pasar.” Di Tapanuli Selatan, khusus di wilayah pedalaman, poken dalam satu wilayah digilir satu hari dalam satu pekan. Poken menciptakan kebiasaan di masyarakat dengan berbagai kenangan indah. Apakah itu?

Poken biasanya digilir. Poken hari Senin di Desa A, Selasa di Desa B, Rabu di Desa C dan seterusnya sampai Sabtu di Ibukota Kecamatan. Contohnya di Sipagimbar, Kecamatan Saipar Dolok Hole, hari poken jatuh pada Sabtu.

Pasar dalam bahasa ekonomi adalah titik pertemuan antara penawaran dan permintaan, supply and demand. Ada kesepakatan harga dan itu disebut pasar.

Istilah pasar dikembangkan di wikayah Batak Toba dimaknai sebagai jalan aspal, warna hitam di mana tempat kendaraan,.pejalan kaki lewat dari satu tempat ke tempat lain. Kemungkinan karena di jalan itu ada kegiatan jual-beli barang-barang, maka jalan itu lama-kelamaan disebut “pasar”. Di kota disebut kaki lima, namun beda dengan poken karena dibuka setiap hari.

Apa yang menarik bicara pasar atau poken ini? Jika kita ditanya tentu banyak hal menarik. Terutama saat kita masih kecil. Mereka yang lahir rentang waktu tahun 1950-an ke atas pasti pernah merasakan hal-hal menarik dari poken.

Ibu dan Poken

Ibu pergi ke poken, punya arti sendiri. Hasil tanaman seminggu seperti kopi, sayur-mayur, buah-buahan, atau jual goreng pisang, kue mangkok merah (kebetulan kue kesenanganku) akan dijual oleh ibu kita. Namun khayalan kita bukan hasil jualannya, tetapi apa yang dibeli ibu untuk anak anak di rumah?

Berebutlah anak-anak membuka “hadangan” sang ibu. Siapa tahu ada jajanan? Ibu sudah mahfum, tanpa ditanya pasti ibu tahu kesukaan anak-anaknya. Jadi, konsep pasar bagi anak-anak adalah bermain di keramaian dan oleh-oleh sang ibu tercinta.

Hari Poken, tak terasa sudah tiba. Wajah sang ibu membuncah di ingatan kita. Dua kata itulah yang tersisa bagi saya. Mungkin Anda tahu tentang poken, yaitu Ibu dan jajanan. Oh, hari poken. Ingat poken, ingat ibu.

Penulis: Ronsen Pasaribu

BACA:  Menakar Capaian Pembangunan Kabupaten Toba

Facebook Comments

Default Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *