Istri Gubernur Sumut Sambut Kegiatan Ulos Fest 2019

Istri Gubernur Sumut Sambut Kegiatan Ulos Fest 2019

MEDAN, BatakIndonesia.com — Nawal Lubis, istri dari Edy Rahmayadi (Gubernur Sumatera Utara) bersama para istri Bupati menyambut dengan antusias rencana penyelenggaraan Ulos Fest 2019 pada 12-17 November 2019 di Museum Nasional Indonesia, Jakarta Pusat. Antusiasme itu terlihat dari wajah ceria istri Gubernur tersebut dan para istri  Bupati dari Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, dan Samosir.

S. M. Tampubolon sebagai Ketua Umum BATAK CENTER menyampaikan maksud dan tujuan penyelenggaraan Ulos Fest 2019 tersebut. Beberapa Panitia Ulos Fest yang turut serta dalam kunjungan tersebut memaparkan rangkaian acara kegiatan Ulos Fest 2019. Nawal Lubis merespons dengan baik yang ditunjukkan dalam semangat kekeluargaan yang hangat. Vita, pemandu percakapan, memberi kesempatan kepada para peserta lainnya untuk berdiskusi.

Nawal Lubis menerima sapaan kehormatan sebagai Penasihat Ulos Fest 2019. Panitia Ulos Fest 2019 memohon kesediaan dari perwakilan Sumatera Utara (Sumut) berpartisipasi penuh pada acara tersebut. Hal tersebut direspons bahwa Sumut akan membawa ulos 500 meter, yang biasa disebut Ulos MURI (Museum Record Indonesia) untuk turut dipamerkan. Demikian pula halnya, masing-masing puak dapat membawa 1-2 ulos tua untuk dipamerkan. Sementara itu, demo pembuatan ulos dari sejak benang sampai jadi ulos akan difasilitasi dari Tapanuli Utara.

Rombongan Sumut sendiri akan diberikan tempat (space) seluas 2 meter X 6 meter oleh Panitia, tetapi mereka menganggap masih kurang.

Istri Gubernur Sumut Sambut Kegiatan Ulos Fest 2019

Jerry R. H. Sirait sebagai Sekretaris Jenderal BATAK CENTER mengajukan usul kepada Ibu Gubernur agar Pemerintahan Provinsi Sumut mengadakan pertemuan nasional komunitas ulos dari semua puak yang diadakan di Medan atau salah satu kabupaten. Selain itu, Sekjen juga menyampaikan agar masing-masing kabupaten di Kawasan Danau Toba didirikan “Kampung Batak” untuk mendukung pembangunan pariwisata. Di masing-masing kabupaten tersebut didirikan rumah-rumah khas Batak sekaligus dijadikan homestay (contoh di Toba: dalam satu perkampungan itu ada 6 ruma dan 6 sopo berhadap-hadapan).

Dalam percakapan tersebut, mereka sempat juga membahas perjuangan para petenun ulos agar karya mereka terdaftar di HAKI Kemhumham dan menjadi Warisan Budaya Dunia di PBB. Hal tersebut nantinya juga akan dibahas dalam salah satu diskusi ulos dengan topik: Sakralitas dan dalam hubungan ekonomi kreatif ulos itu sendiri.

Istri Gubernur Sumut Sambut Kegiatan Ulos Fest 2019

Utusan Panitia Ulos Fest 2019 dan Pengurus BATAK CENTER ini berjumpa dengan Nawal Lubis (isteri Gubernur Sumut) selaku Ketua Dekranasda Provinsi Sumut  dan wakilnya isteri Wagub Sumut beserta fungsionaris lainnya pada aras provinsi dan kabupaten di lingkungan Tano Batak. 

Utusan Panitia dan BATAK CENTER tersebut antara lain: Joice Sitompul br Manik (Wakil Ketua Panitia), Vilidius Siburian (Koordinator Pameran), S. M. Tampubolon (Ketum BATAK CENTER), Jerry R. H. Sirait (Sekjen BATAK CENTER), Lambok Sianipar (Bendahara Umum BATAK CENTER) dan salah satu anggota Intelectual Think Tank BATAK CENTER yang berdomisili di Medan.

Pewarta: Boy Tonggor Siahaan

BACA:  Pesta Partangiangan Pomparan Ompu Binjori Sihombing Lumbantoruan Boru Bere Sejabodetabek

Facebook Comments

Default Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *