Kerajinan Tangan Nuansa Batak Hadir dalam Pameran INACRAFT 2019

Kerajinan Tangan Nuansa Batak Hadir dalam Pameran INACRAFT 2019

JAKARTA, BatakIndonesia.com — Menarik sekali mengunjungi pameran kerajinan tangan (handicraft), yang dihadiri oleh seluruh Provinsi dan usahawan UKM. Provinsi Sumatera Utara salah satunya diwakili Theresia br Bakkara. Ia adalah seorang pegiat FBBI DPD Sumatera Utara. Secara kebetulan kami berjumpa pada acara The 21st Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2019 yang dihelat di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Sabtu (27/4/2019).

Theresia, dalam perbincangan kami, sudah menggeluti bidang ini. Disain dikerjakannya sendiri. Semula ia menjahit sendiri kerajinan tangannya, tetapi karena semakin banyak pesanannya, ia mempekerjakan ahli jahit. Demikian pula hal pemasarannya, ia mengerjakannya sendiri, baik secara online maupun lewat pameran seperti ini.

Kerajinan tangan yang telah dihasilkannya adalah tas berbahan ulos Batak, kulit buaya, dan beragam kerajinan tangan lainnya. Ia menyediakan juga berbagai batik Batak dan ulos Batak.

Setiap ada pameran, baik di kota-kota besar dan luar negeri, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara selalu memberikan kepercayaan kepadanya untuk mengerjakan tugas ini. Selain ajang bisnis, juga ini menjadi ajang mempromosikan Budaya Batak ke berbagai daerah dan negara.

Ide untuk mengembangkan usaha ini menjadi poin pembicaraan kami agar di masa depan DPD FBBI Sumut yang akan dibentuk dalam waktu dekat, dapat ambil bagian di bisnis ekonomi kreatif ini. Tentu ini menjadi lumbung pemasukan keuangan bagi FBBI.

Selamat buat Theresia br Bakkara. Luar biasa semangat dan naluri bisnisnya. Selain dia adalah seorang ibu dari 3 orang anak yang sudah besar-besar, ia bersuami seorang prajurit TNI yang saat ini sedang bertugas menjaga Perdamaian di luar negeri.

 

BACA:  Reforma Agraria: Membagikan Tanah bagi yang Belum Punya

Facebook Comments

Default Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *