Ketua Umum DPP FBBI Lantik Marudut Siringoringo Sebagai Ketua DPD FBBI Sumut 2020-2023

Ketua Umum DPP FBBI Lantik Marudut Siringoringo Sebagai Ketua DPD FBBI Sumut 2020-2023

Foto: Ketua DPD FBBI Sumut Ir. Marudut Siringoringo, SH., MT (tengah) bersama jajaran pengurus baru hasil Musdalub (11/07/2020)

JAKARTA, BatakIndonesia.com

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Forum Bangso Batak Indonesia (DPP FBBI), Dr. Ronsen Pasaribu, SH., MM melantik Ketua DPD FBBI Sumatera Utara (Sumut) terpilih, Ir. Marudut Siringoringo, SH., MT untuk periode tahun 2020-2023.

Pelantikan dilakukan secara daring (dalam jaringan), dan merupakan pertama kalinya dalam sejarah FBBI, karena situasi Pandemi Covid-19 yang penuh pembatasan dan antisipasi. Saat melantik, Ketua Umum DPP FBBI Dr. Ronsen Pasaribu berada di Jakarta, dan Ketua yang dilantik berada di Medan.

Sementara itu, dalam prosesi pelantikan, bertindak sebagai (acting) Ketua Umum pada pelantikan adalah Pdt. Agustina Tambunan, S.Th, yang sebelumnya diberikan Surat Tugas. Sebelum melantik, Pdt. Agustina membacakan SK Penetapan Ketua DPD Sumut berikut kepengurusan baru, dan kemudian mewaliki Ketua Umum menyerahkan pataka kepada Ketua DPD yang baru.

Foto: Ketua Umum DPP FBBI, Dr. Ronsen Pasaribu, SH., MM
Foto: Ketua Umum DPP FBBI, Dr. Ronsen Pasaribu, SH., MM

Acara pelantikan dilakukan, usai Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub), pada hari Sabtu (11/07/2020), di Seketariat Jalan Matahari Raya No 11, Kecamatan Medan Helvetia, Medan. Musdalub dilaksanakan sesuai dengan AD/ART FBBI, serta mekanisme pemilihan Ketua, sesuai dengan panduan rapat pleno sebelumnya.

Dalam sambutannya setelah prosesi pelantikan, Ketua Umum Dr. Ronsen Pasaribu mengatakan, pelaksanaan Munaslub dapat ditempuh sesuai AD/ART, manakala urgensi ketatalaksanaan organisasi dinilai tidak berjalan sebagaimana mestinya. Dan evaluasi tentunya sudah tidak dapat lagi diputuskan dengan rapat-rapat yang bersifat biasa.

Lebih jauh dikatakan mantan Direktur Pemberdayaan Masyarakat BPN R.I ini, dalam berorganisasi, komitmen antara apa yang diucapkan dengan apa yang dilaksanakan menjadi sangat penting.

BACA:  Bijaklah dalam Memanfaatkan Air

“Oleh sebab itu, komitmen harus disertai dengan kesungguhan, kejujuran dan kemurnian dalam memandang tugas dan tanggungjawab, agar tidak menjadi beban dalam menjalankan idealisme bersosial,” tandasnya.

Mantan Penasehat Ahli Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala BPN R.I ini juga menekankan, agar pengurus baru segera membuat program-program kerja yang realistis, dan berorientasi membantu Pemerintah dalam meningkatkan SDM Bona Pasogit, dari stereotip kemiskinan dan keterpurukan ekonomi rakyat.

Foto: Ketua DPD FBBI Sumut, Ir. Marudut Siringo-ringo, SH., MT
Foto: Ketua DPD FBBI Sumut, Ir. Marudut Siringoringo, SH., MT

Salah satu Pendiri FBBI ini juga mengingatkan agar Ketua DPD bersama jajarannya, dapat menghidupkan kembali jenjang organisasi dibawah DPD Sumut di beberapa kabupaten/ kota yang sudah ada, selain itu, merintis DPC baru. Ia juga menghimbau, agar pengurus segera melakukan audiensi dengan Gubernur Sumatera Utara untuk silaturahmi.

Sebelum Musdalub, acara diawali dengan ibadah yang dipimpin Pdt. Agustina Tambunan, yang dihadiri 25 orang anggota. Musdalub dilaksanakan menggunakan protokol kesehatan, mencuci tangan, menjaga jarak tempat duduk dan peserta wajib memakai masker.

Ketua terpilih Marudut Siringoringo kepada wartawan mengatakan, Musdalub dilaksanakan karena kepengurusan sebelumnya tidak melakukan konsolidasi apapun, sehingga tidak ada terbentuk DPC-DPC di kabupaten/kota.

“Karena organisasi tidak berjalan, maka dilaksanakanlah Musdalub,” kata Marudut usai pelantikan.

Dia mengatakan, setelah terpilih menjadi Ketua, tugas pertama yang akan dilakukannya adalah melakukan konsolidasi ke daerah-daerah serta membentuk DPC-DPC di 33 kabupaten/kota.

“Kami sudah ada komunikasi dengan daerah-daerah, banyak menyatakan sudah siap membentuk DPC, kami juga siap memberikan mandat. Terlebih daerah Tapanuli Raya dan Kota Medan,” terang Wakil Bendahara DPD AMPI Deliserdang ini.

Foto: Pdt. Agustina Tambunan, S.Th membacaan SK Pelantikan
Foto: Pdt. Agustina Tambunan, S.Th (kiri) membacakan SK Pengurus baru

Tujuan berdiri forum ini, kata dia, sebagai organisasi pemberdayaan masyarakat Batak, bukan untuk berpolitik. Harapan berdirinya organisasi ini untuk bonapasogit khususnya Tapanuli Raya, Marudut mengatakan, pihaknya akan memberikan sumbangsih pemikiran untuk pembangunan daerah.

BACA:  FBBI dan ormas-ormas Batak Lainnya Serukan Penyelesaikan Konflik di KDT dengan Win-Win Solution

“Kami juga berperan membantu warga Tapanuli Raya, Tapsel, Dairi dan Karo memberikan bantuan sosial berupa bahan sembako terhadap warga yang terdampak pandemi Covid-19. Setelah itu kami juga akan mendaftarkan organisasi ini ke Kesbangpol Linmas Sumut,” tuturnya.

Berikut nama-nama pengurus DPD FBBI Sumut: Ketua Dewan Pembina Drs Jabmar Siburian, anggota Edward Hutabarat, Reminta Sembiring. Ketua Dewan penasehat Mangaliat Simarmata, anggota Legayanti Situmorang. Badan Pengurus Harian: Ketua, Ir Marudut Siringoringo SH MT, Wakil Ketua: Irwandi Siahaan, Dr Pelman Simamora, Balduin Silaban. Seketaris Putri Sinta Hasibuan.

Foto: Penyerahan Pataka kepada Ketua DPD FBBI yang baru oleh Pdt. Agustina (kiri)
Foto: Penyerahan Pataka kepada Ketua DPD FBBI yang baru 

Wakil: Edison Lubis, Jefri Hutagaol. Bendahara Udur Verawaty Simamora, Wakil: St Sorta Simanjuntak. Ketua Bidang Gerakan Seribu Bebasari Sembiring, anggota Linda Manalu. Bidang Pendidikan, Ketua Ichawani Gultom, anggota Lim Hutabarat, Mam Grace Sihombing. Bidang Hukum, HAM, Lingkungan Hidup dan Pertanahan, Ketua Arifin Pasaribu, Ketua Bidang Kepemudaan dan Seni Jefri Willaim Panggabean, Ketua Bidang Litbang Baringin Sianipar, Ketua Satgas Pandapotan Nainggolan dan lainnya.

Dari sumber panitia diketahui, sebanyak 80 persen pengurus yang sekarang adalah personil dari pengurus sebelumnya. Acara dimulai dari pukul 13.30 WIB hingga pukul 17.00 WIB, dan diakhiri dengan makan malam bersama.

Sepintas profil Ketua DPD FBBI Sumut yang baru, diketahui, Ir. Marudut Siringoringo, SH., MT adalah kelahiran Samosir, 09 Juni 1971, yang sehari-harinya bekerja sebagai wiraswasta. Ia menyelesaikan pendidikannya di Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, dan Universitas Pancabudi Medan.

Berbagai organisasi yang telah dan sedang diikuti suami dari Ely Ginting dengan dua anak ini, antara lain: DPD AMPI Deliserdang; IPBSI (Ikatan Pemuda Beladiri Seluruh Indonesia) Sumut; DPD FBBI Prov. Sumut; dan Pengurus Raja Rea Siringoringo Medan Sekitarnya. DANS/VERA

BACA:  Hari Pendidikan Nasional 2019: Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan

Facebook Comments

Default Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *