Pesta Partangiangan Pomparan Ompu Binjori Sihombing Lumbantoruan Boru Bere Sejabodetabek

Pesta Partangiangan Pomparan Ompu Binjori Sihombing Lumbantoruan Boru Bere Sejabodetabek

JAKARTA, BatakIndonesia.com — Dalam rangka memperingati Hari Doa Ompu Binjori yang jatuh setiap tanggal 23 September, seluruh pomparan Ompu Binjori Sihombing Lumbantoruan sejabodetak berkumpul dan berdoa bersama di Gedung Sejahtera Jakarta pada Minggu 22 September 2019. Tema dari acara ini adalah: “Nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.”

Dimulai pukul 09.00 dengan ibadah yang dipimpin oleh Pdt Romson Sihombing, S.Th dan Pdt Chrisvandoli Harahap, M.Th sebagai liturgis. Peserta yang datang diperkirakan sekitar 1.100 orang. Acara ibadah diiringi tim musik dari gereja HKBP Taman Mini.

Setelah ibadah dilanjutkan dengan makan siang bersama sambil diiringi musik, pujian dan seruling yang luar biasa pimpinan Korem Sihombing.

Tepat pukul 13.00 acara dilanjutkan dengan menyanyikan mars Borsak Sirumonggur, kata sambutan, tortor, penyerahan sipalas roha usia lanjut (75 tahun ke atas), penyerahan sipalas roha Anak Berprestasi, doorprize, motivasi buat anak-anak dan ditutup dengan doa.

Bangun Sihombing selaku ketua panitia memberikan sambutan mewakili panitia yang memperkenalkan dan mengajak seluruh panitia ke atas panggung.

Pemberi sambutan antara lain: St. M Parlin Sihombing yang kebetulan saat ini duduk sebagai ketua Borsak Sirumonggur Saportibi memberi sambutan mewakili anggota punguan.

Mewakili penasehat sambutan diberikan oleh Alfa Sihombing. Sambutan dari parsadaan Borsak Sirumonggur Jabodetabek diberikan oleh St Manahan Sihombing (Haha Doli dari Ompu Juara Pagi). Sambutan dari pengurus diberikan oleh Drs. Baharuddin Sihombing.
Acara hiburan dimulai dengan meminta tua ni gondang.

Sekilas tentang Partangiangan Ompu Binjori

Partangiangan pertama sekali dilaksanakan pada 1974. Pada 2011 tepatnya tanggal 23-24 September di Sipultak Taput dilaksanakan partangiangan Ompu Binjori sekaligus merayakan renovasi Tugu Ompu Binjori.

Pada saat itu dihadiri Tulang Siregar Siagian, dan mulai saat itulah disepakati bahwa setiap tanggal 23 September diperingati sebagai Hari Doa Pomparan Ompu Binjori. Semua pomparan Ompu Binjori pada tanggal tersebut bersepakat memanjatkan doa secara bersama-sama di manapun berada.

Andar Lumbantoruan ST, MM,. yang saat ini sebagai sekretaris Punguan Ompu Binjori menjelaskan bahwa banyak keinginan anggota punguan berharap acara seperti ini “Partangiangan Ompu Binjori” bisa dilaksanakan setiap tahun. Memang masih ada kekurangan dan kelemahan, namun itu bukan menjadi sebuah masalah ataupun penghambat yang berarti melainkan sebagai pendorong untuk semakin baik ke depannya.

Seperti disampaikan di atas, bahwa ada pemberian penghargaan ataupun apresiasi kepada anak berprestasi.

Kategori anak berprestasi antara lain: tingkat SD sampai SLTA dengan nilai minimum rata rata raport nya 85 dan mahasiswa/mahasiswi nilai IP nya minimum 3,0.

Untuk tingkat SD – SLTA pesertanya sebanyak 51 orang dan yang duduk di bangku perkuliahan sebanyak 41 orang.

Andar Lumbantoruan juga menjelaskan bahwa untuk anak berprestasi ini sangat positif, selain merangsang anak-anak berlomba untuk maju mereka juga bisa belajar memahami bagaimana jalannya sebuah acara adat Batak dan juga agar saling mengenal satu sama lain yang seumuran dengan mereka sehingga bisa semakin akrab.

Sementara itu, untuk sipalas roha untuk orang tua yang sudah berumur 75 tahun ke atas jumlahnya ada sebanyak 13 orang.

Untuk semua pomparan Ompu Binjori dan khususnya generasi muda, panitia mengundang motivator. Sebagai motivator/pemberi motivasi antara lain: Yohana Ruth Lumbantoruan S.Psi (anak dari Dr Edward Lumbantoruan Sekjend dari Borsak Sirumonggur Saportibi) dan Irjend Pol (P) Drs. Daud Sihombing, SH, M.Th.

Pesan yang ditekankan kepada generasi muda dan khususnya anak berprestasi agar mempertahankan prestasinya dan bisa semakin maju ke depannya dan semoga sharing pengalaman Yohana bisa memotivasi pomparan Ompu Binjori sehingga ada Yohana-Yohana yang lain atau lebih lagi dari Yohana nantinya.

Seluruh acara berjalan dengan baik dan lancar dan penuh antusias dari peserta Partangiangan.

Semoga ke depannya pomparan Borsak Sirumonggur Sihombing Lumbantoruan khususnya dari pomparan Ompu Binjori makin jaya.

Acara ditutup dengan doa dan menyanyikan lagu O Tano Batak. Tuhan memberkati pomparan Borsak Sirumonggur Sihombing Lumbantoruan.

Penulis: Ir. Andar Lumbantoruan

BACA:  Tradisi Makan Bersama Orang Batak Penuh Kekeluargaan

Facebook Comments

Default Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *