Sosialisasi FBBI Tentang Bahaya Narkoba (1)

Sosialisasi FBBI Tentang Bahaya Narkoba (1)

JAKARTA, BatakIndonesia.com — Sebagai anggota Forum Komunikasi Anti Narkoba, FBBI diberikan tugas untuk turut serta menyebarluaskan bahaya Narkoba, agar Bangso Batak khususnya dan Rakyat Indonesia, tidak boleh bersentuhan dengan Narkoba. Narkoba akan membuat masa depannya suram, keluarga terganggu dan kesehatannya menjadi rusak. Alhasil, cita cita kehidupan yang sejahtra, semakin menjauh.

Berikut ini, kami ulang-ulang beberapa pointer sekaitan dengan Narkoba ini, agar informasinya meluas, dan mohon diluaskan ke kalangan keluarga dan individu melalui laman-laman WA, FB atau apapun sarana meluaskan informasi ini.

Apa itu Narkoba? NARKOBA adalah bahan-bahan kimia yang merupakan singkatan dari NARkotika, psiKOtropika, dan BAhan (Zat) adiktif lainnya. Bila masuk ke dalam tubuh, mengubah pikiran, suasana hati, perasaan,perilaku, bahkan menghilangkan nyeri.

Jenis-jenis Narkotika, kokain, heroin, morphin, hashis, ganja, ecstasy dan shabu, semuanya Golongan I, menurut UU No. 35/2009. Dari jenis tanaman: Ganja, Hashis, Opium, dll; dari sintetik: Metadone, ekstasi, shabu; dan semi sintetik: Morfin, Heroin, Kokain, dll.

Ciri-ciri penyalahgunaan Narkoba, secara fisik: berat badan turun drastis, mata cekung dan merah, muka pucat dan bibir kehitaman. Buang air besar dan kecil tidak lancar, sakit perut tanpa alasan yang jelas, tangan berbintik merah dan terdapat perubahan warna kulit di tempat bekas suntikan. Emosi sangat sensitif dan cepat bosan; menunjukkan perlawanan ketika ditegur atau dimarahi. Emosinya naik-turun alias tidak stabil.

Perilaku, malas, tidak peduli, sering menyendiri, nafsu makan tidak menentu, takut air, sering menguap, bersikap manipulatif, barang di rumah sering hilang, ingkar janji, sering bertemu orang tidak dikenal.

Gejala dini dan ciri-ciri pengguna dapat dirangkum: 7 B: Bingung, Bohong, Bengong, Bolos, Bego, Bolot, Barang-barang hilang.

Penyalahgunaan Narkoba adalah pemakaian narkoba di luar ketentuan medis, tidak dalam dosis yang benar, sehingga dapat menimbulkan ketergantungan.

Mengapa berbahaya? Karena dapat merusak sistem tubuh dan juga organ-organ tubuh manusia, sehingga mengakibatkan gangguan antara lain pada otak, penglihatan, pencernaan, jantung, rentan terpapar HIV, bahkan sering menjadi penyebab KEMATIAN. Selain itu, hubungan keluarga jadi rusak, keluarga menanggung malu, putus sekolah, dan kehancuran masa depan generasi penerus bangsa.

Rokok adalah pintu gerbang menuju Narkoba. Remaja yang merokok memilliki kecenderungan 10 kali lebih besar untuk menggunakan Narkoba dari remaja yang tidak merokok.

Faktor yang mendorongnya: rasa ingin tahu, solidaritas kelompok, biar kelihatan gaya, modern, trendi, merasa sudah dewasa, melupakan stres/masalah, menghilangkan kebosanan, mengikuti tokoh idola, ikut-ikutan teman yang memakai.

Langkah-langkah pencegahan: Jalin hubungan harmonis dalam keluarga; Perkuat iman dan taat beribadah; melakukan kegiatan positif dan bermanfaat untuk mengisi waktu luang; hindari pergaulan dan rawan narkoba; mengembangkan kemampuan memecahkan masalah dan ikut penyuluhan narkoba.

Peranan masyarakat dalam pencegahan narkoba, pasal 104 -106, UU No 35/2009, intinya masyarakat mempunyai kesempatan seluas-uasnya untuk berperan serta membantu pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap Narkoba.

Masyarakat mempunyai hak dan tanggung jawab dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Masyarakat memperoleh perlindungan hukum saat melaksanakan haknya dalam pencegahan narkoba.

Power Statement: “Kedekatan dengan Tuhan, menjauhkan kita dari penyalahgunaan Narkoba”. Keluarga adalah benteng utama yang dapat mencegah anak-anak dari penyalahgunaan narkoba. Karena itu, “Tolak semua Narkoba”.

FBBI-Fokan.
Jakarta, 15 Mei 2019.
Disebarluaskan oleh Ronsen LM Pasaribu/Ketum FBBI, anggota Fokan, kerjasama dengan BNN.

BACA:  BukBer Gubernur Sumatera Utara dengan Wartawan Media

Facebook Comments

Default Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *